EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENANAMAN NILAI-NILAI KESEDERHANAAN DI PONDOK MODERN, SALAFIYAH, DAN KOMBINASI DI KABUPATEN HSU DAN TABALONG

Khairiyadi, Khairiyadi (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI KESEDERHANAAN DI PONDOK MODERN, SALAFIYAH, DAN KOMBINASI DI KABUPATEN HSU DAN TABALONG. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (405kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (562kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (725kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (992kB)

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang penanaman nilai-nilai kesederhanaan di Pondok Modern Al-Islam Kambitin Tabalong, Pondok Pesantren Ummul Qura Amuntai HSU, dan Pondok Pesantren Salafiyah Al-Karamah Keramat HSU . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penanaman nilai-nilai kesederhanaan di Pondok Modern Al-Islam Kambitin Tabalong, Pondok Pesantren Ummul Qura Amuntai HSU, dan Pondok Pesantren Salafiyah Al-Karamah HSU dengan mengangkat beberapa permasalahan yaitu: (1) Nilai kesederhanaan apa yang ditanamkan pada tiga pondok pesantren tersebut , (2) cara penanaman nilai- nilai kesederhanaan pada tiga pondok pesantren tersebut dan (3) Hasil penanaman nilai-nilai kesederhanaan pada tiga pondok pesantren tersebut. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif berupa studi lapangan. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri dan teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan metode pengumpulan data lainnya. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa nilai kesederhanaan di Pondok Modern Al-Islam Kambitin Tabalong, Pondok Pesantren Ummul Qura Amuntai HSU, dan Pondok Pesantren Salafiyah Al-Karamah Keramat HSU adalah hidup yang sewajarnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, pandai mensyukuri nikmat-nikmat yang Allah SWT berikan, menerima dengan ikhlas dan sabar terhadap pemberian dari Allah SWT, dan zuhud terhadap dunia. Metode- metode yang digunakan adalah metode pembiasaan, keteladanan, nasehat, kegiatan ekstrakurikuler (kepramukaan), ibadah puasa sunnah, pengajian kitab tentang zuhud. Adapun hasil penanaman nilai-nilai kesederhanaan adalah kesetaraan dan keadilan, rendah hati, selalu bersyukur, terbentuknya mental yang kuat, zuhud terhadap dunia serta qana’ah, dan pandai bersyukur.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 23 Aug 2021 01:58
Last Modified: 23 Aug 2021 01:58
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17109

Actions (login required)

View Item View Item