EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANAJEMEN TATA RUANG KELAS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KOTA BANJARMASIN

Zakiah, Mariama Nur (2021) MANAJEMEN TATA RUANG KELAS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KOTA BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (512kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini di latarbelakangi oleh sekolah yang sudah melaksanakan manajemen kelas dengan baik. Fokus yang diteliti yaitu bagaimana pengaturan ukuran kelas, pengaturan tempat duduk, pengturan alat pengajaran, pengaturan keindahan dan kebersihan kelas, serta pengaturan ventilasi dan tata cahaya yang bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana manajemen tata ruang kelas di MTsN 3 Kota Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru yang menjabat sebagai wali kelas IX, Wakamad Sarana dan Prasarana serta Kepala Sekolah MTsN 3 Kota Banjarmasin. Sedangkan objeknya yaitu mengenai manajemen tata ruang kelas, terutama dalam pengaturan ukuran kelas, pengaturan tempat duduk, pengaturan alat pengajaran, pengaturan keindahan dan kebersihan kelas serta pengaturan ventilasi dan tata cahaya. Data dalam penelitian ini meliputi data pokok dan data penunjang. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah beberapa guru yang menjadi responden yaitu seluruh wali kelas IX, Kepala Sekolah, wakamad sarana dan prasarana dan tata usaha sebagai informan, serta dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan simpulan bahwa dalam manajemen tata ruang kelas di MTsN 3 Kota Banjarmasin meliputi: pengaturan ukuran kelas sudah sesuai dengan standar kelas. Pengaturan tempat duduk yang berubah jika sedang berkelompok, pengaturan alat pengajaran yang ada di setiap kelas sudah mencukupi akan tetapi untuk penggunaan seperti LCD tergantung masing-masing guru yang memakainya, pengaturan keindahan dan kebersihan kelas sudah cukup lengkap dan pengaturan ventilasi dan tata cahaya yang sudah baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:08
Last Modified: 30 Aug 2021 02:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17162

Actions (login required)

View Item View Item