EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENERAPAN STRATEGI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH MATERI MUNAKAHAT PADA MAN 1 HULU SUNGAI TENGAH

Rahmi, Aulianur (2021) PENERAPAN STRATEGI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH MATERI MUNAKAHAT PADA MAN 1 HULU SUNGAI TENGAH. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (60kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (270kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran Fiqih materi munakahat menyebabkan siswa atau peserta didik kurang bersemangat dan kurang tertarik mengikuti pembelajaran. Hal ini menuntut guru agar dapat memilih strategi pembelajaran yang tepat sehingga pembelajaran dapat diselenggarakan dengan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: strategi yang diterapkan dalam pembelajaran Fiqih materi munakahat pada MAN 1 Hulu Sungai Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Fiqih yang mengajar pada MAN 1 Hulu Sungai Tengah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisa secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan: Strategi yang diterapkan dalam pembelajaran Fiqih materi munakahat pada MAN 1 Hulu Sungai Tengah adalah ceramah, role playing dan tanya jawab. Strategi ceramah diterapkan saat guru menyampaikan materi yang berkaitan dengan munakahat. Strategi Role Playing diteapkan saat mempraktikkan adab-adab munakahat sesuai dengan adab kenabian, dan strategi tanya jawab diterapkan sebagai selingan di tengah-tengah penerapan strategi ceramah saat guru menyampaikan materi pembelajaran dan juga saat evaluasi pembelajaran. Pembelajaran Fiqih materi munakahat pada MAN 1 Hulu Sungai Tengah dimulai dengan membuat RPP dan mengidentifikasikan serta menetapkan tujuan yang ingin dicapai dari pembelajaran Fiqih materi Munakahat, selanjutnya guru juga menentukan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karena karakteristik peserta didik yang berbeda, maka prosedur, pendekatan dan teknik pembelajarannya juga berbeda. Sedangkan untuk batas minimal keberhasilan pembelajaran khususnya untuk KKM mengacu kepada ketentuan dan kurikulum yang berlaku yaitu 70.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 31 Aug 2021 03:09
Last Modified: 31 Aug 2021 03:09
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17167

Actions (login required)

View Item View Item