EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KARAKTERISTIK PERJANJIAN GOJEK MENURUT KUH PERDATA DAN KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH

Sukmana, Reindy Thedja (2021) KARAKTERISTIK PERJANJIAN GOJEK MENURUT KUH PERDATA DAN KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (28kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (812kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (227kB)

ABSTRAK

Perkembangan teknologi menjadikan berbagai keperluan hidup manusia sehari-hari terintegrasi didalam dunia digital. Gojek adalah perusahaan SuperApp yang menyediakan berbagai layanan keperluan sehari-hari dengan menggunakan sepeda motor. Pada perjalanannya dilapangan, konflik antara driver dengan Gojek sering kali terjadi. Mengurai konflik ini, perlu dilakukan penelitian terhadap surat perjanjian Gojek agar dapat diketahui bagaimana karakteristik perjanjian Gojek ditinjau berdasarkan KUHPerdata dan KHES. Penelitian yang penulis lakukan ini tergolong sebagai penelitian hukum normatif. Bahan dalam penelitian ini adalah bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan referensi yang tersedia dengan pendekatan dari khusus ke umum (induktif). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa karakteristik perjanjian Gojek apabila ditinjau berdasarkan syarat sahnya perjanjian dalam KUHPerdata telah memenuhi syarat sahnya perjanjian berdasarkan KUHPerdata. Hubungan hukum antara Gojek dengan driver bukanlah hubungan kemitraan sebagaimana disebutkan Gojek dalam surat perjanjiannya. Karena dalam perjanjian antara Gojek dengan driver, posisi driver tidaklah diperlakukan setara sebagaimana dalam hubungan kemitraan. Hubungan hukum antara Gojek dengan driver adalah hubungan kerja. Karena telah memenuhi unsur-unsur yang harus ada didalam perjanjian kerja. Dalam surat perjanjian antara Gojek dengan driver, lebih banyak merugikan driver. Karakteristik perjanjian Gojek ditinjau berdasarkan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah telah memenuhi sahnya sebuah akad. Yaitu telah terpenuhi unsur adanya: aqidain (para pihak yang berakad), adanya mahal al aqad, dan adanya sighat aqad (ijab kabul). Isi perjanjian Gojek apabila ditelaah berdasarkan asas-asas akad dalam KHES terdapat pasal-pasal dalam perjanjian yang merugikan driver dan tidak sesuai dengan asas-asas akad dalam KHES seperti: asas luzum (tidak berobah), asas saling menguntungkan, asas taswiyah (kesetaraan), asas transparansi, dan asas itkad baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 06 Sep 2021 01:43
Last Modified: 06 Sep 2021 01:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17185

Actions (login required)

View Item View Item