EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Aqidah Peserta Didik Di Lingkungan Pluralistik (Studi Pada SMAN dan SMKN Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah)

Mayasari, Lisa Dewi (2021) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Aqidah Peserta Didik Di Lingkungan Pluralistik (Studi Pada SMAN dan SMKN Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (543kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (733kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (84kB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan upaya guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam pembinaan aqidah peserta didik di lingkungan pluralistik SMAN 1 dan SMKN 2 Tamiang Layang beranjak dari pengamatan awal bahwa pada pembinaan aqidah penulis menemukan berbagai permasalahan yang perlu untuk dikaji dan dibenahi meliputi beberapa aspek. Salah satunya adalah aspek penerapan aqidah, terdapat adanya gejala penyimpangan aqidah seperti masih banyaknya peserta didik yang bersumpah kepada selain Allah, masih kurangnya kesadaran peserta didik mengikuti shalat berjama’ah di sekolah dan belum dapat melaksanakan ibadah secara tepat waktu. Pergaulan yang tidak menjujung nilai aqidah, ikut merayakan perayaan Natal acara yang bertentangan dengan nilai aqidah. Lebih miris lagi di lakukan ketika jam pelajaran berlangsung masih terlihat pada siswi mengenakan pakaian tidak sesuai dengan syari’at Islam (ketat, kerudung tidak menjulur ke dada, modis cendrung membentuk lekuk tubuh) cara berpakaian yang kurang Islami.. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru PAI dalam (1) perencanaan pembinaan aqidah sudah menggunakan kurikulum 2013 dalam bentuk silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi yang disampaikan oleh guru PAI sesuai dengan kurikulum dan sebagian materi dikembangkan sendiri menyesuaikan dengan tingkat pengetahuan peserta didik. (2) Adanya beberapa metode yag digunakan pada pelaksanaan pembinaan aqidah peserta didik di SMAN 1 dan SMKN 2 Tamiang Layang yaitu: metode pengajaran, metode pembiasaan, metode keteladanan, dan metode pendisiplinan. (3) Evaluasi pembinaan aqidah dilaksanakan setiap harinya sehingga apabila ada peserta didik yang belum mencapai target pembelajaran dapat dilakukan tindakan khusus terutama pada efektif dan psikomotorik, (4) Terdapat beberapa kendala pada pembinaan aqidah terutama pada sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMAN 1 dan SMKN 2 Tamiang Layang, kebiasaan pada peserta didik yang kurang melaksanakan program kegiatan ekstrakulikuler keagamaan yang bersifat wajib.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 08 Sep 2021 01:41
Last Modified: 08 Sep 2021 01:41
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17209

Actions (login required)

View Item View Item