EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kematian Menurut Perspektif M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah

Mutmainah, Mutmainah (2020) Kematian Menurut Perspektif M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (271kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (173kB)

ABSTRAK

Kunci: Kematian, Tafsir Al-Mishbah Umur yang panjang dan kesehatan jasmani merupakan nikmat Allah yang sangat mahal. Sangat disayangkan jika dalam menjalani kehidupan di dunia ini manusia tidak dapat memanfaatkan umur dengan baik hingga datangnya kematian. Maka akan menjadi manusia yang merugi. Oleh sebab itu, penulis mencoba untuk menelaah lebih jauh mengenai kematian manusia menurut perspektif M. Quraish Shihab dalam Tafsir al-Mishbah. Dituangkan dalam rumusan masalah sebagai berikut: (1) 1. Bagaimana penafsiran M. Quraish Shihab terhadap ayat tentang kematian dalam Tafsir al-Mishbah? (2) Bagaimana konsep kematian menurut M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah? Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan sifat penelitiannya deskriptif. Adapun data yang digunakan berasal dari penafsiran M. Quraish Shihab dalam tafsir Al-Mishbah sebagai data primer dan sumber- sumber lainnya yang menunjang sebagai data sekunder. Kemudian data-data tersebut di analisis dan diambil kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kematian dalam al-Qur’an bukan saja disebutkan dengan kata maut, lebih dari itu setidaknya disebutkan dengan beberapa kata sebagai berikut: Pertama menggunakan kata maut mendeskripsikan bahwa mati adalah pintu gerbang menuju alam akhirat. Kedua menggunakan kata ajal yang memiliki makna batas waktu atau batas umur manusia. Ketiga menggunakan kata wafat yang bermakna sempurna sehingga seorang yang mati berarti telah menyempurnakan umurnya. Keempat menggunakan kata raja’a atau râji’ûn yang bermakna kembali sehingga pada dasarnya manusia telah mengenal tempat tersebut. Kelima menggunakan kata yaqîn bermakna sesuatu yang diyakini kepastiannya sehingga suka tidak suka setiap yang bernyawa mesti menemui kematian. Kemudian yang keeanam menggunakan kata syahîd atau syuhadâ’ bermakna menyaksikan atau hadir yakni disaksikan bahwa orang tersebut merupakan orang pilihan dan kematian sepeerti ini adalah sebuah kemuliaan. Adapun kematian menurut Quraish Shihab berawal dari konsep umur bahwa manusia memiliki andil dalam ketetapan panjang atau pendeknya umur mereka. Sehingga manusia dapat berupaya untuk memperpanjang umurnya. Kemudian kematian itu sendiri adalah sesuatu yang diyakini pasti terjadi berupa terpisahnya ruh dan jasad untuk kembali ke sisi Tuhan yang terjadi pada saat waktu yang telah ditentukan untuk menyempurnakan umur yang diberikan. Dengan mengetahui perihal kematian yang berarti bahwa seseorang memiliki batas waktu, maka sudah semestinya untuk tidak merasa takut, akan tetapi justru sebaliknya menjadikan kematian sebagai motifasi untuk berbuat kebaikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wahidah Wahidah Wahidah
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:21
Last Modified: 21 Oct 2021 01:22
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17343

Actions (login required)

View Item View Item