EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Perubahan Perilaku Komunikasi Interpersonal Keluarga Akibat Penggunaan Media Sosial Online

Gunadi, Ruli (2021) Perubahan Perilaku Komunikasi Interpersonal Keluarga Akibat Penggunaan Media Sosial Online. Skripsi, Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (71kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (900kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (398kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kemajuan teknologi komunikasi yang memberikan banyak manfaat yang baik pada kehidupan. Selain manfaat yang baik, kemajuan teknologi juga membawa efek yang negatif pada lingkungan sosial. Dampak media sosial membuat seseorang menjadi tidak peduli dengan orang sekitar, bersifat acuh tak acuh, kurang perhatian yang dapat merubah perilaku berkomunikasi kita. Perubahan perilaku komunikasi merupakan fenomena kehidupan yang dialami oleh setiap orang kapan saja dan di mana saja, salah satunya pada lingkungan keluarga. Setiap keluarga pasti memiliki perilaku komunikasi yang berbeda-beda dan media sosial memberikan banyak dampak yang tidak baik sehingga mampu merubah perilaku komunikasi interpersonal pada keluarga. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian riset lapangan (field research). Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara, dan kemudian dianalisa secara deskriptif kualitatif. Hasil temuan menunjukan bahwa keadaan komunikasi interpersonal keluarga akibat penggunaan media sosial online di Desa Kapar sudah jarang dijalankan, karena anggota mereka lebih aktif di dunia maya dari pada di dunia nyata. Maka dari itu bisa dikatakan komunikasi interpersonal keluarganya tidak berjalan dengan baik karena kurangnya keterbukaan diri terhadap keluarganya dan kurangnya sifat empati, ini pun mengakibatkan adanya perubahan perilaku komunikasi interpersonalnya. Perubahan perilaku komunikasi yang terlihat yaitu menurunnta kapasitas komunikasi yang dijalankan pada keluarga, tidak peduli dengan orang sekitar, sering bertindak emosional tanpa berpikir panjang dan jika diajak bicara, tatap muka akan kurang responsif. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa perubahan perilaku komunikasi interpersonal keluarga akibat penggunaan media sosial online telah terjadi dalam keluarga di Desa Kapar Kecamatan Murung Pudak.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Khusnul Nur Khotimah
Date Deposited: 04 Nov 2021 00:27
Last Modified: 04 Nov 2021 00:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17488

Actions (login required)

View Item View Item