EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

CORAK HUKUM MUAMALAH ABDURRAUF AS- SINGKILI (TELAAH KITAB MIRÂTU ATH-THULLÂB)

Darmawan, Bayu Mukti (2021) CORAK HUKUM MUAMALAH ABDURRAUF AS- SINGKILI (TELAAH KITAB MIRÂTU ATH-THULLÂB). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
TESIS_FULL_BAYU.pdf

Download (38MB)
[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (89kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (428kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (416kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (453kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (113kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf

Download (35MB)

ABSTRAK

Kitab Mir’âtu ath-Thullâb adalah kitab yang dikarang oleh Abdurrauf As-Singkili, menjadi pedoman hukum masyarakat aceh pada zamannya, kitab ini sarat dengan pengatahuan fiqih terutuma fikqih muamalah, membahas secara mendalam banyak hukum muamalah, munakahat maupun jinayat, kitab klaisik ini merupakan warisan khazanah ke-Islaman Nusantara, kedalam hukum yang disajikan dengan cara yang unik dan menarik, penulis menggunakan pendekatan pemahaman hukum dengan metode tanya jawab, sebagai ulama yang sangat kompeten, As-Singkili pada masanya adalah tokoh yang sangat penting dalam penarapan hukum Islam di Nusantara terutama di negeri aceh. Sampai saat ini karyanya banyak dikaji kerana kedalaman pembahasan dan keunikan pendekatannya, serta metode istinbâth hukumnya yang juga tidak kalah penting untuk diketahui. Setiap ulama memili kunikakan dean kehkasan dalam setiap karyanya tidak terkecuali Abdurrauf As-Singkili, dengan penyajian berkonsep tanya jawab dan bahasa melayu yag sangat kental. Dari latar belakang tersebut, penulis berkeinginan menelitinya dan menuangkan dalam sebuah judul tesis: Corak Hukum Muamalah Abdurrauf As-Singkili (Telaah Kitab Mir’âtu ath-Thullâb). Penelitian ini adalah penelitian hukum, Dalam penelitian kali ini peneliti menggunakan jenis pendekatan konseptual untuk mencari corak pemikiran hukum muamalah as-Singkili dalam kitab Mir’âtu ath-Thullâb. Penulis beranggapan bahwa kitab tersebut adalah undang-undang pada masanya. Metode yang digunakan dalam pengolahan data maupun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yaitu suatu metode analisis data deskripif analistis yang mengacu pada suatu masalah tertentu. Adapun hasil penelitian disimpulkan 1) Abdurrauf As-Singkili adalah ulama kharismatik, mengarang kitab Mir’âtu ath-Thullâb, dengan menggunakan 3 (tiga) metode istinbâth hukum yaitu bayani, ta’lili dan istislahi. Beliau mendasari semua penjelasan fikih muamalahnya kepada Alquran dan hadis. 2) Corak kitab muamalah Mir’âtu ath-Thullâb bercorak fikih syafi’i dengan mengedepankan pendapat para ulama klasik Syekh Zakaria Al-Anshori, Ibnu Hajar Al-Haitami, karya Syamsudin al-Romli. Abdur Rauf As-Singkili Ibnu Umar al-Baidhawi, Imam an-Nawawi, dengan pendekatan metode tanya jawab yang mempengaruhi masa depan hukum muamalah di Indonesia khususnya, dengan menggunakan bahasa melayu menjadi ciri khas tersendiri, serta menjadi dasar yang kokoh terhadap perkembangan kajian fikih muamalah akan datang, legesi keilmuan tersebut sangat terbuka dalam menerima pengembangan, yang sesuai dengan tuntutan zaman dan kondisi sosial yang berkembang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 07 Dec 2021 07:17
Last Modified: 07 Dec 2021 07:17
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17676

Actions (login required)

View Item View Item