EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KIPRAH K.H. MUHAMMAD RIDWAN BASERI (GURU KAPUH) DALAM MEMBINA KEAGAMAAN MASYARAKAT HULU SUNGAI SELATAN

Fahmi, Ahmad Rizali (2021) KIPRAH K.H. MUHAMMAD RIDWAN BASERI (GURU KAPUH) DALAM MEMBINA KEAGAMAAN MASYARAKAT HULU SUNGAI SELATAN. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (111kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (617kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa masyarakat umum dan para pejabat pemerintahan sangat membutuhkan pembinaan keagamaan dari seorang dai yang ahli dibidang agama Islam. Hal ini dikarenakan pesatnya perkembangan diberbagai hal, terlebih dalam bidang informasi. Pembinaan keagaaman dapat dilakukan dimana saja tidak terkecuali terhadap masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Kab HSS) agar dapat mengamalkan ajaran agama Islam dengan benar dan para pejabat pemerintahan dapat menjalankan roda pemerintahan sesuai dengan ajaran agama Islam. Salah satu komponen penting pembinaan keagamaan adalah seorang pembina yang kompeten dalam agama Islam seperti K.H. Muhammad Ridwan Baseri (Guru Kapuh) yang sangat besar dan luas kiprahnya di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Fokus permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana kiprah K.H. Muhammad Ridwan Baseri dalam pembinaan keagamaan masyarakat Hulu Sungai Selatan dan kontribusi beliau bagi kemajuan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research),peneliti melakukan observasi untuk menggali data yang terkait dengan bentuk-bentuk pembinaan dan prosesnya. Peneliti juga melakukan wawancara kepada K.H. Muhammad Ridwan Baseri, Kepala Kemenag Kab HSS, Kasubag Kesra Pemda Kab HSS, Bendahara MUI Kab HSS dan jamaah pengajian beliau untuk mendalami proses pembinaan tersebut serta dari dokumen untuk mengoreksi kevalidan data yang diperoleh yang selanjutnya diolah melalui proses koleksi data, editing data, klasifikasi data, dan interpretasi data Hasil penelitian ini adalah kiprah K.H. Muhammad Ridwan Baseri dalam bentuk pembinaan keagamaan untuk masyarakat umum Hulu Sungai Selatan adalah mengisi pengajian di majelis taklim, membina pondok pesantren, dan membina perorangan. Adapun kiprah beliau dalam kontribusinya bagi kemajuan Pemda Kab HSS adalah membenahi kepengurusan MUI, pengajian rutin Pemda Kab HSS, bekerja sama membatasi warung “jablay”, bekerja sama memberikan beasiswa santri untuk melanjutkan sudi ke hadhramaut, himbauan-himbauan Mui, bersama Pemda Kab HSS merayakan Hari Besar Islam dan Hari Santri Nasional, memberikan usulan untuk Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan terkait kebijakan sesuai kompetensi beliau , bekerja sama Pemda Kab HSS membuat spanduk himbauan covid-19 dan keagamaan, melaksanakn safari dakwah, ziarah,pesantren dalam lapas, pembinaan dai-dai terpencil dan pelatihan keagamaan yang kesemuanya dilaksanakan antara Pemda Kab HSS dengan MUI yang notabenenya beliau sebagai ketuanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 22 Dec 2021 05:39
Last Modified: 22 Dec 2021 05:39
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17783

Actions (login required)

View Item View Item