EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

ANALISIS KENDALA PENJUALAN BUAH JERUK PETANI DESA KOLAM KANAN KECAMATAN WANARAYA KABUPATEN BARITO KUALA

Maulidi, Afip Yusril (2021) ANALISIS KENDALA PENJUALAN BUAH JERUK PETANI DESA KOLAM KANAN KECAMATAN WANARAYA KABUPATEN BARITO KUALA. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (100kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (724kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Lampiran Afif File.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini berangkat dari sumber alam yang besar di Desa Kolam Kanan Kecamatan Wanaraya, Barito Kuala memanfaatkan perkebunan jeruk/limau jenis Siam Banjar (Citrus Reticulata). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kendala yang ada pada penjualan buah jeruk petani Desa Kolam Kanan Kecamatan Wanaraya Kabupaten Barito Kuala serta cara mengatasi kendala tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pen�dekatan deskriptif kualitatif yang dianalisis secara kualitatif dan untuk Pengum�pulan data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada petani di Desa Kolam kanan Kecamatan Wanaraya Kabupaten Barito Kuala sebagai informan. Hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan terdapat dua kendala yang dihadapai pada penjualan buah jeruk di Desa Kolam Kanan yaitu masalah rumit dan masalah sederhana. Untuk masalah rumit yaitu terjadinya pandemi virus dan banyaknya usaha pedagang buah jeruk yang tutup sedangkan untuk masalah sederhana yaitu, menurunnya penjualan, banyaknya stok penjualan buah jeruk, biaya produksi tinggi, faktor cuaca, naik turunnya harga buah dan kualitas rasa buah jeruk. Cara mengatasi masalah sederhana yaitu dengan massif dan gencar melakukan promosi, melihat segmen pasar dengan jelas, membuat siasat penanggulangan dengan membuat infrastruktur pengamanan agar tidak mengalami gagal panen, efesiensi biaya produksi, mengatur penawaran penjualan buah, dan menanam dengan bibit dan cara terbaik. Cara mengatasi masalah rumit yaitu dengan melakukan promosi tentang buah jeruk pada masa pandemi, melakukan kreatifitas dalam penjualan, membuka segmen pasar yang lebih luas sehingga buah jeruk tidak hanya terdistribusi ke toko-toko atau warung tertentu, melibatkan pemerintah desa untuk memfasilitasi penjualan jeruk masyarakat desa.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 04 Jan 2022 03:07
Last Modified: 04 Jan 2022 03:07
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17846

Actions (login required)

View Item View Item