EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

ANALISIS PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP SYARIAH PADA PERUSAHAAN PENERBIT SURAT BERHARGA SYARIAH NEGARA (SBSN)

Syarwani, Akhmad (2021) ANALISIS PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP SYARIAH PADA PERUSAHAAN PENERBIT SURAT BERHARGA SYARIAH NEGARA (SBSN). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Bermaterai.pdf

Download (313kB)
[img] Text
TESIS AKHMAD SYARWANI - AWAL.pdf

Download (977kB)
[img] Text
TESIS AKHMAD SYARWANI - ABSTRAK.pdf

Download (397kB)
[img] Text
TESIS AKHMAD SYARWANI BAB I.pdf

Download (749kB)
[img] Text
TESIS AKHMAD SYARWANI BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
TESIS AKHMAD SYARWANI BAB III.pdf

Download (806kB)
[img] Text
TESIS AKHMAD SYARWANI BAB IV.pdf

Download (534kB)
[img] Text
TESIS AKHMAD SYARWANI BAB V.pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (595kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (393kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi mengenai kebaradaan Perusahaan Penerbit Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang melaksanakan fungsi sebagai Perusahaan yang menerbitkan sukuk SBSN yang juga bertindak sebagai wali amanat terhadap investor dan penerapan prinsip-prinsip syariah pada Perusahaan Penerbit SBSN. Pada dasarnya Perusahaan Penerbit bukanlah konsep ekonomi Islam, tetapi merupakan hasil adopsi dari pasar modal internasional sehingga tujuan penelitian ini mengenai status keberadaan dalam pelaksanaan penerbitan SBSN Indonesia ini perusahaan penerbit ini perlu dipertanyakan apakah sudah menerapkan prinsip-prinsip syariah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan normatif atau penelitian hukum kepustakaan yaitu penelitian dengan menghimpun peraturan-peraturan baik undang-undang, peraturan pemerintah, fatwa sebagai sumber primer kemudian mengumpulkan sumber pustaka melalui buku-buku, majalah, artekil, jurnal dan penelitian lain sebagai sumber data sekunder dan kemudian hasil tersebut akan dideskripsikan secara spesifik mengenai objek yang diteliti sehingga menghasilkan rumusan masalah berdasarkan fakta. Kemudian dibuatlah analisis untuk menjawab rumusan mengenai fungsi Perusahaan Penerbit SBSN dan juga sebagai Wali Amanat dan menganalisis penerapan prinsip-prinsip syariah pada Perusahaan Penerbit SBSN sesuai dengan bahan teori-teori yang terkait dengan permasalah tersebut. Hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan pertama bahwa walaupun Perusahaan Penerbit SBSN dibentuk oleh pemerintah tetapi hubungan antara perusahaan penerbit SBSN dengan pemerintah tersebut kewenangan dan tanggung jawabnya sebatas untuk menerbitkan SBSN. Sedangkan fungsi sebagai wali amanat adalah bertindak melakukan kepentingan para investor baik di dalam maupun di luar pengadilan. Kemudian walaupun pendirian perusahaan penerbit SBSN bukanlah konsep Islam atau hasil adopsi dari pasar modal internasional tetapi dalam prakteknya telah menerapkan prinsip-prinsip syariah yaitu terhindar dari unsur riba, maisir, gharar, ikhtikar dan bai’najasy, dan risywah juga adanya kepastian hukum, tanggung jawab dan kemaslahatan. Sedangkan penerapan prinsip-prinsip yang memungkinkan tidak sesuai prinsip syariah, yaitu pertama: apabila terjadi gagal bayar oleh pemerintah/emiten kepada investor dikarenakan pemerintah/emiten bangkrut sehingga tidak terpenuhinya pengembalian dana investasi pada saat jatuh tempo sesuai yang telah disepakati di awal. Kedua: apabila terjadi kerugian dan kegagalan perusahaan penerbit SBSN dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:33
Last Modified: 12 Jan 2022 04:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17880

Actions (login required)

View Item View Item