EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASYARAKAT MUSLIM PEGUNUNGAN MERATUS (STUDI PADA DESA PATIKALAIN KECAMATAN HANTAKAN KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH)

Rusdiansyah, Rusdiansyah (2021) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASYARAKAT MUSLIM PEGUNUNGAN MERATUS (STUDI PADA DESA PATIKALAIN KECAMATAN HANTAKAN KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (63kB)
[img] Text
AWAL - Rusdiansyah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak Rusdiansyah.pdf

Download (276kB)
[img] Text
Bismillah BAB I Rusdiansyah.pdf

Download (602kB)
[img] Text
Bismillah BAB II Rusdiansyah terbaru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
[img] Text
Bismillah BAB III Rusdiansyah.pdf

Download (634kB)
[img] Text
Bismillah BAB IV Rusdiansyah ..pdf

Download (997kB)
[img] Text
Bismillah BAB V Rusdiansyah .pdf

Download (338kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Rusdiansyah.pdf

Download (466kB)
[img] Text
Lampiran Rusdiansyah.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembinaan pendidikan agama Islam pada masyarakat Muslim di Pegunungan Meratus. Masyarakat muslim di desa tersebut sangat perlunya bimbingan khusus, karena masyarakat ini kebanyakannya adalah para Muallaf, disinilah peran guru agama, tokoh masyarakat, ustadz�ustadzah dan para pembina keagamaan. Dengan harapan dengan adanya pembinaan pendidikan agama Islam pada masyarakat Muslim di desa ini, mereka bisa lebih mengenal dan lebih dekat dengan Tuhan yang Maha Esa. Sehingga dapat melaksanakan kewajibannya sebagai hamba Allah yang mempunyai masa depan kehidupan yang lebih cerah. Baik segi perilaku dalam beragamanya, strategi, dan ruang lingkup dalam pembinaan masyarakat Muslim yang ada di desa Patikalain. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan menggunakan sumber data dari sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari subyek penelitian yaitu; tokoh masyarakat, KUA Kecamatan Hantakan, ustadz-ustadzah, organisasi keislaman seperti Muhammadiyah serta masyarakat Muslim setempat. Selanjutnya, Cara dalam penelitian kualitatif, keabsahan data berjalan dengan seiring dengan proses penelitian itu berlangsung. Keabsahan ini harus dilakukan sejak awal pengambilan data, yaitu sejak melakukan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik yang digunakan untuk pemeriksaan keabsahan data adalah teknik triangulasi. Tujuan dari teknik adalah untuk mengecek kebenaran data dengan membandingkan data yang diperoleh dari sumber lain, pada berbagai fase penelitian di lapangan. Temuan hasil penelitian menunjukkan : 1) Perilaku beragama masyarakat Muslim di desa Patikalain Kecamatan Hantakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah sudah termasuk kategore “baik”, karena adanya kesadaran dalam menjalankan syariat agama, khussunya dalam menjalankan aktivitas beribadah, 2) Strategi pembinaan Pendidikan Agama Islam pada masyarakat Muslim sudah tepat sasaran, sehingga membuat masyarakat Muslim faham akan sosial budaya, 3) Ruang lingkup materi Pendidikan Agama Islam pada masyarakat Muslim di desa Patikalain ini sudah sangat bagus, hanya saja yang membuat masyarakat muslimnya terkadang ada indikasi terlepas dari kontrol budaya nenek moyang mereka yang masih melekat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:43
Last Modified: 13 Jan 2022 04:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17891

Actions (login required)

View Item View Item