EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping pada Pelajaran Fikih di Kelas VII MTs Arrahmatul Abadiyyah

Hasan, Hafidz (2022) Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping pada Pelajaran Fikih di Kelas VII MTs Arrahmatul Abadiyyah. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (279kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (845kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (665kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (603kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (606kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (616kB)

ABSTRAK

Suatu proses belajar mengajar dikatakan baik, bila proses tersebut dapat membangkitkan kegiatan belajar mengajar yang efektif. Oleh karena itu, sebagai seorang guru hendaknya memiliki metode yang tepat agar bisa membangun semangat dan kreatifitas belajar peserta didik. Ada banyak sekali metode yang dapat digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar, salah satunya adalah metode Mind Mapping. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang implementasi metode pembelajaran Mind Mapping pada pelajaran fikih di kelas VII MTs Arrahmatul Abadiyyah dan faktor-faktor yang mendukung serta menghambat implementasi metode pembelajaran Mind Mapping pada pelajaran fikih. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskritptif. Subjek penelitian adalah satu orang guru mata pelajaran fikih dan enam orang peserta didik kelas VII MTs Arrahmatul Abadiyyah. Sedangkan objek penelitian ini adalah implementasi metode pembelajaran Mind Mapping pada kelas VII MTs Arrahmatul Abadiyyah dan faktorfaktor yang mendukung dan menghambat pelakasanaan metode Mind Mapping. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan teknik editing data, klasifikasi data dan interpretasi data. Analisis data menggunakan analisis deskriptip kualitatif dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi metode pembelajaran Mind Mapping pada pelajaran fikih di kelas VII MTs Arrahmatul Abadiyyah pada tahap perencanaan guru membuat Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar, dalam penerapannya membutuhkan dua kali pertemuan. Pada tahap pelaksanaan secara umum peserta didik sangat antusias dan bersemangat dalam pembelajaran, meskipun ada beberapa peserta didik yang pasif. Pada Tahap evaluasi mencakup aspek afektif, kognitif dan psikomotorik. Faktor yang mendukung adalah dari faktor guru yang sudah mengajar hampir 3 tahun dan sudah banyak menggunakan berbagai variasi belajar. faktor peserta didik yang sangat bersemangat dan antusias dalam pembselajaran. faktor lingkungan pada ruang kelas yang bersih dan nyaman. Sedangkan faktor yang menghambat adalah faktor guru yang kewalahan dalam menggunakan alokasi waktu yang sedikit. Faktor peserta didik yang kurang aktif dalam pembelajaran. serta faktor sarana dan prasarana yang tidak ada pendingin dan penerang ruangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nur Ridha Lukmana
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:07
Last Modified: 24 Jan 2022 02:07
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18010

Actions (login required)

View Item View Item