EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembatalan Perkawinan dan Penetapan Sahnya Terhadap Anak di Luar Perkawinan yang Sah (Analisis Putusan Nomor 23/Pdt.G/2021/PA.TSe)

Maulida, Kurnia (2021) Pembatalan Perkawinan dan Penetapan Sahnya Terhadap Anak di Luar Perkawinan yang Sah (Analisis Putusan Nomor 23/Pdt.G/2021/PA.TSe). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (270kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (955kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (810kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (534kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perkara gugatan pembatalan perkawinan oleh istri pertama selaku Penggugat kepada Suami dengan istri kedua selaku Tergugat dan istri kedua ingin anak yang lahir dari pernikahannya dengan Suami ditetapkan sebagai anak sah mereka. Majlis Hakim dalam putusan ini memutuskan untuk membatalkan perkawinan antara Suami dengan istri kedua dan menetapkan anak yang lahir tersebut sebagai anak sah mereka.. Tujuan penelitian ini adalah (I) Untuk mengetahui Pertimbangan hukum majlis Hakim dari perkara pembatalan perkawinan Nomor 23/Pdt.G/2021/PA.TSe. (II) Untuk Mengetahui Status Hukum Anak dalam Hukum Islam Dari Pernikahan Sirri. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif, penelitan ini menggunakan pendekatan masalah analisis (analytical approach). pada penelitian ini untuk mencari data yang diperlukan yaitu dengan menggunakan bahan hukum Primer, sekunder, dan tersier. Hasil penelitian ini adalah (I) Bahwa pertimbangan hukum majlis hakim dari putusan ini adalah perkawinan antara Suami dengan istri kedua menjadi batal dan status anak mereka ditetapkan sebagai anak yang sah. (II) Bahwa status hukum anak dari pernikahan sirri ini dalam hukum Islam adalah sah. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan pertimbangan yang kemudian mengabulkan terhadap anak hasil nikah sirri dianggap sebagai anak sah tidak sesuai dengan pasal 28 ayat 2 huruf (a) Undang-Undang Perkawinan jo. Pasal 75 huruf (b) Kompilasi Hukum Islam karena pada dasarnya itu dasar aturan untuk anak yang lahir dari pernikahan orang tuanya resmi tercatat di Kantor Urusan Agama. Maka dari itu, anak tersebut tidak bisa dikatakan sebagai anak dari Suami dan Tergugat.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2022 23:47
Last Modified: 24 Jan 2022 23:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18013

Actions (login required)

View Item View Item