EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIKIH BERBASIS KITAB AL-FIQH AL-WÂDHIH DI MA HIDAYATULLAH KERATON MARTAPURA

Istirofah, Istirofah (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIKIH BERBASIS KITAB AL-FIQH AL-WÂDHIH DI MA HIDAYATULLAH KERATON MARTAPURA. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (818kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (721kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (883kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Dewasa ini era teknologi semakin maju dan tentunya begitu banyak platform menyajikan beragam bahan belajar maupun bacaan yang sangat menarik serta dapat diakses kapanpun dan di manapun seperti buku hingga jurnal, namun ditengah kemajuan tersebut masih terdapat lembaga pendidikan formal yakni MA Hidayatullah Keraton Martapura yang tetap eksis dengan pembelajaran berbasis kitabnya. Hal ini merupakan suatu keunikan tersendiri karena pembejalaran kitab tidak banyak dilakukan pada lembaga formal terlebih di masa sekarang. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran fikih berbasis kitab Al-fiqh al�wâdhih di MA Hidayatullah Keraton Martapura. Skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di MA Hidayatullah Keraton Martapura. Subjek penelitian ini adalah dua orang guru mata pelajaran Fikih berbasis kitab, adapun objek penelitiannya adalah proses implementasi pembelajaran Fikih berbasis kitab Al-fiqh al-wâdhih di MA Hidayatullah Keraton Martapura. Pembelajaran Fikih berbasis kitab Al-fiqh al-wâdhih di MA Hidayatullah Keraton Martapura berlangsung dalam 3 tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan memuat tujuan-tujuan yang dibuat oleh guru hanya saja tidak terdapat perencanaan tertulis pada pembelajaran fikih berbasis kitab Al-fiqh al-wâdhih ini, di MA. Hidayatullah Keraton Martapura RPP dan silabus hanya ditujukan pada pembelajaran berbasis buku saja termasuk fikih. Pelaksanaan berlangsung kompleks didalamnya terdapat kegiatan pendahuluan dimulai dengan mengucapkan salam, memeriksa kehadiran siswa, dan menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari untuk menarik perhatian siswa. Selanjutnya kegiatan inti yang mencakup ekplorasi, elaborasi, dan konfirmasi diisi dengan menterjemahkan kitab oleh guru dan para siswa mendhabith kitab mereka kemudian guru menjelaskan apa yang telah beliau terjemahkan dalam bentuk yang lebih sederhana seperti menggunakan tabel dan bagan. Serta yang terakhir juga terdapat kegiatan penutup yang didalamnya meliputi evaluasi seperti guru menanyakan beberapa hal terkait materi yang telah dipelajari untuk menguji siswa, memberikan nasihat-nasihat dan berdoa atau membacakan surah Al-fâtihah untuk pengarang kitab. Adapun evaluasi dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung dan ketika ujian tengah semester (UTS) juga ujian akhir semester (UAS).

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:53
Last Modified: 25 Jan 2022 02:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18035

Actions (login required)

View Item View Item