EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Program Tahfidz Al-Quran Pada Sekolah Islam (Studi Multi Situs SD Muhammadiyah 8 Banjarmasin, SD Muhammadiyah 10 Banjarmasin dan SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru)

Prasetyo, Deris Ade Priageng (2022) Program Tahfidz Al-Quran Pada Sekolah Islam (Studi Multi Situs SD Muhammadiyah 8 Banjarmasin, SD Muhammadiyah 10 Banjarmasin dan SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru). Tesis, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN - Deris Ade Priageng Prasetyo.pdf

Download (111kB)
[img] Text
2. AWAL - Deris Ade Priageng Prasetyo.pdf

Download (529kB)
[img] Text
3. ABSTRAK - Deris Ade Priageng Prasetyo.pdf

Download (36kB)
[img] Text
4. BAB 1 - Deris Ade Priageng Prasetyo.pdf

Download (199kB)
[img] Text
5. BAB 2 - Deris Ade Priageng Prasetyo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
6. BAB 3 - Deris Ade Priageng Prasetyo.pdf

Download (118kB)
[img] Text
7. BAB 4 - Deris Ade Priageng Prasetyo.pdf

Download (552kB)
[img] Text
8. BAB 5 - Deris Ade Priageng Prasetyo.pdf

Download (63kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA - Deris Ade Priageng Prasetyo.pdf

Download (160kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN - Deris Ade Priageng Prasetyo.pdf

Download (35kB)

ABSTRAK

Perkembangan informasi dan teknologi yang sangat pesat membuat tingkat adopsi budaya barat oleh masyarakat menjadi sangat tinggi, baik dewasa maupun anak-anak. Oleh karena itu, perlu adanya tuntunan agama yang mampu membentengi akibat dari dampak negatif tersebut, salah satunya melalui pembelajaran dan hafalan Al-Quran sejak dini. Di wilayah Banjarmasin dan sekitarnya, terdapat beberapa sekolah dasar yang mempunyai program tahfiz Al-Quran, yaitu SD Muhammadiyah 8 Banjarmasin, SD Muhammadiyah 10 Banjarmasin, SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru. Ketiga sekolah ini menerapkan program yang berbeda-beda seperti program tahfiz reguler, program tahfiz kelas PDCI (Peserta Didik Cerdas Istimewa), dan program tahfiz disekolah alam. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang pelaksanaan program-program tahfiz Al-Quran di beberapa sekolah ini, terutama mengenai sistem pengelolaannya, masalah pengelolaan yang sering dihadapi, dan upaya untuk mengatasi setiap permasalahan pengelolaan tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Reseach) dengan metode studi kasus dan pendekatan deskriptif kualitatif. Bertempat diSD Muhammadiyah 8 Banjarmasin, SD Muhammadiyah 10 Banjarmasin, dan SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru, subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah 3 guru tahfiz dan 6 peserta didik program. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan kemudian dianalisis melalui tahapanreduksi informasi, display informasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang ditemukan menunjukkan beberapa hal: (1) Semua sekolah mempunyai metode dan media pembelajaran yang tidak jauh berbeda, seperti metode setoran, murojaah, talqin dan takrir, serta media Al-Quran. Akan tetapi, pelaksanaan evaluasi pembelajaran oleh masing-masing sekolah sedikit beragam, ada yang setiap semester, ada yang setiap pertengahan semester, dan ada juga yang setiap dua minggu sekali. (2) Masalah yang sering ditemui di masing-masing sekolah juga sedikit beragam, seperti siswa yang kurang serius saat belajar, kemampuan bacaan Al-Quran mereka yang rendah, daya ingat mereka yang lemah, dan kurangnya tenaga pengajar khusus di bidang tahfiz Al-Quran. (3) Beberapa upaya yang dilakukan oleh setiap sekolah untuk mengatasi beberapa permasalahan tersebut juga beragam, seperti pelaksanaan pembelajaran Al-Quran, sosialisasi kepada orang tua siswa, dan penambahan anggaran untuk rekrutmen tenaga pengajar baru di bidang tahfiz AlQuran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dr Ahdie Anwary
Date Deposited: 28 Jan 2022 02:43
Last Modified: 28 Jan 2022 02:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18126

Actions (login required)

View Item View Item