EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Nilai-nilai Akhlak Kepemimpinan (Telaah Surat Yusuf ayat 54-56)

Revansyah, Ahmad (2021) Nilai-nilai Akhlak Kepemimpinan (Telaah Surat Yusuf ayat 54-56). Skripsi, Ushuluddin dan Homaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (326kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (719kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (225kB)

ABSTRAK

Akhlak merupakan hal yang tak terpisahkan dalam kehidupan, karena akhlak sendiri selalu menjadi cara kita bergaul dengan orang lain. Akhlak sendiri merupakan hal yang sangat penting, dengan akhlak seorang bisa dihormati dan mendapatkan kesuksesan, baik di dunia maupun di akhirat kelak dengan berakhlak yang mulia. Sedangkan untuk orang yang memiliki akhlak yang buruk, maka ia akan sering mendapatkan kerugian dan juga bisa merugikan orang lain dan akan mendapatkan balasannya kelak di akhirat. Akhlak sendiri tidak terbatas hanya pada Allah dan rasul-Nya, tetapi juga kepada makhluk ciptaan-Nya seperti, diri kita sendiri, keluarga dan orang lain. Dalam hal kepemimpinan pun seseorang harus memiliki akhlak, agar semua hal yang dituju dapat tercapai dan mendapat keuntungan baik di dunia dan di akhirat. Dalam surat Yusuf ayat 54-56 ini menjelaskan tentang bagaimana akhlak Nabi Yusuf sehingga ia dijadikan seorang pemimpin yang layak. Hal ini menjadi fokus penelitian penulis yaitu tentang nilai-nilai akhlak kepemimpinan yang terkandung di dalam ayat tersebut. Untuk menjawab dan menjelaskan tentang apa yang menarik minat penulis, maka dibuatlah penelitian ini yang berjenis library researh atau kajian pustaka. Di mana penulis mengumpulkan berbagai sumber data baik itu yang bersifat primer seperti Al-Qur‟an dan tafsir-tafisrnya, ataupun sekunder yaitu segala macam buku, jurnal, ataupun artikel yang memiliki hubungan dengan tema tersebut. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah content analysis dan metode maudhu‟i atau tematik. Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai akhlak kepemimpinan yang terkandung di dalam surat Yusuf terbagi menjadi dua bagian yaitu, nilai-nilai akhlak dan nilai kepemimpinan. Adapun nilai-nilai akhlaknya adalah berkedudukan tinggi atau memiliki pengaruh, dapat dipercaya, dapat memelihara dan memegang amanah yang diberikan dan memiliki pengetahuan yang luas, nilai kepemimpinan yang ada ialah kebolehan meminta jabatan kepemimpinan dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi diantaranya adalah akhlak-akhlak yang telah disebutkan sebelumnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 02 Feb 2022 01:14
Last Modified: 02 Feb 2022 01:14
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18224

Actions (login required)

View Item View Item