EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI MIN 6 BARITO KUALA

Yamin, Akhmad (2022) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI MIN 6 BARITO KUALA. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (297kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (530kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Membaca merupakan kunci bagi peserta didik dalam proses belajarnya di masa depan. Maka penelitian pada skripsi ini memfokuskan penelitian pada bagaimana upaya para guru di MIN 6 Barito Kuala dalam meningkatkan minat baca peserta didik, dan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat baca peserta didik di MIN 6 Barito Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan minat baca anak, dan apa saja faktor pendukung serta penghambat dalam meningkatkan minat baca anak di MIN 6 Barito Kuala. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah dua guru kelas IV Ibu Santi, S.Pd dan V Ibu Norhafizah, S.Pd.I di MIN 6 Barito Kuala dan siswa kelas IV-V yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini yaitu upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan minat baca anak serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat baca anak. Sedangkan subjek penelitian di dalam penelitian ini adalah 2 orang guru kelas IV Ibu Santi S.Pd, dan guru kelas V Ibu Norhafizah, S.Pd.I serta 25 siswa kelas IV dan V di MIN 6 Barito Kuala. Adapun hasil dari penelitian ini adalah diketahui bahwa upaya-upaya yang telah dilakukan guru dan meningkatkan minat baca anak yaitu : menambah koleksi-koleksi buku di perpustakaan madrasah, guru berperan lebih aktif dalam memberikan penugasan-penugasan dalam rangka meningkatkan minat baca peserta didik dalam membaca, memperlayak lagi hiasan pada perpustakaan sehingga anak menjadi lebih betah untuk membaca di perpustakaan. adapun faktor pendukung dan penghambat dalam upaya meningkatkan minat baca peserta didik adalah : Perhatian guru kelas yang luar biasa dalam memberikan penugasan�penugasan seperti menceritakan kembali buku-buku yang telah mereka baca di perpustakaan di kelas, Minat membaca anak yang tinggi dari siswa MIN 6 Barito Kuala. Adapun faktor penghambat antara lain : Lambatnya pengiriman buku-buku yang telah dipesan untuk dikirimkan menuju MIN 6 Barito Kuala, Keterbatasan tempat untuk membangung perpustakaan dengan bangunan tersendiri, Kemajuan tehnologi yang semakin canggih sehingga persaingan antara smartphone dan buku cetak semakin gencar, Kurangnya kedisiplinan siswa dalam meletakkan buku dan pengembalian buku.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 08 Feb 2022 01:36
Last Modified: 08 Feb 2022 01:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18324

Actions (login required)

View Item View Item