EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

EVALUASI PROGRAM LEMBAGA KETERAMPILAN KEAGAMAAN (LKK) DI UIN ANTASARI BANJARMASIN.

HELMI, MUHAMMAD (2021) EVALUASI PROGRAM LEMBAGA KETERAMPILAN KEAGAMAAN (LKK) DI UIN ANTASARI BANJARMASIN. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN - Muhammad Helmi.pdf

Download (533kB)
[img] Text
AWAL - Muhammad Helmi.pdf

Download (975kB)
[img] Text
ABSTRAK - Muhammad Helmi.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I - Muhammad Helmi.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB II - Muhammad Helmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
BAB III - Muhammad Helmi.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB IV - Muhammad Helmi.pdf

Download (845kB)
[img] Text
BAB V - Muhammad Helmi.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Muhammad Helmi.pdf

Download (386kB)
[img] Text
LAMPIRAN - Muhammad Helmi.pdf

Download (419kB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini dilakukan dari temuan dan pemikiran tentang pelaksanaan program lembaga keterampilan keagamaan yang menjadi wadah pengembangan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa/i untuk membekali mereka dalam melakukan pengabdian masyarakat (KKN). Latar pendidikan yang berbeda serta terdapat beberapa mahasiswa/i yang belum lancar dalam membaca Alquran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi konteks, input, proses, dan produk dengan menggunakan model CIPP pada program lembaga keterampilan keagamaan di UIN Antasari. Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian diambil di setiap fakultas UIN Antasari. Data yang digali tentang evaluasi konteks, input, proses, dan produk pada lembaga keterampilan keagamaan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu pengelola LKK, pengajar LKK, mahasiswa/i, LP2M, dan catatan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumenter. Analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Teknik pengecekan keabsahan data di antaranya meningkatakan ketekunan dan triangulasi (sumber dan teknik). Hasil penelitian ditemukan bahwa konteks program ini di setiap fakultas telah dilaksanakan sesuai dengan harapan dan tujuan yang telah ditetapkan. Evaluasi input di setiap fakultas menunjukkan bahwa ketersedian pengajar, mahasiswa/i, kurikulum, prosedur dan tata tertib secara keseluruhan sesuai dan sudah terpenuhi. Namun bagian sarana dan prasarana serta pembiayaan masih bisa ditingkatkan. Evaluasi proses di setiap fakultas menunjukkan bahwa proses program pada lembaga keterampilan keagamaan berlangsung dengan lancar untuk memberikan ilmu dan persiapan bekal mahasiswa/i dalam memimpin kegiatan keagamaan di masyarakat. Namun perlu disamakan untuk setiap fakultas dari seluruh kegiatan, prosesnya, serta waktu pelaksanaannya. Evaluasi produk pada setiap fakultas berbeda-beda pada aspek penilaian kelulusannya, namun terdapat program yang hanya dilakukan dalam waktu 1 hari, dirasa kurang maksimal dalam penyampaian materi serta praktek. Program LKK ini direkomendasikan agar terus dilaksanakan walau pada masa pandemi Covid 19, alokasi dana yang sesuai kebutuhan, proses dan kurikulum kegiatan yang disinkronkan untuk semua fakultas serta waktu pelaksanaan yang bisa ditambah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 08 Feb 2022 03:17
Last Modified: 08 Feb 2022 03:17
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18334

Actions (login required)

View Item View Item