EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANAJEMEN LABORATORIUM KOMPUTER DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI SMKN 1 BARABAI

Winarti, Winarti (2022) MANAJEMEN LABORATORIUM KOMPUTER DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI SMKN 1 BARABAI. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (99kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (856kB)
[img] Text
ABSTRAK WINARTI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (497kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Fokus masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah tentang Manajemen Laboratorium Komputer dalam Menunjang Kegiatan Pembelajaran Peserta Didik di SMKN 1 Barabai yang meliputi: perencanaan, SDM, pemeliharaan, dan pengawasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan dalam pengelolaan laboratorium komputer, SDM pada laboratorium komputer, pemeliharaan laboratorium komputer, dan pengawasan dalam pengelolaan laboratorium komputer pada SMK Negeri 1 Barabai. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data mulai menalaah seluruh data hasil observasi, wawancara, dokumentasi yang berhubungan dengan manajemen laboratorium komputer dalam menunjang pembelajaran peserta didik di SMKN 1 Barabai. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, kepala laboratorium, wakasek sarana prasarana, guru, dan peserta didik. Objek penelitian ini adalah meneliti tentang proses dan hasil pada manajemen laboratorium komputer dalam menunjang pembelajaran peserta didik di SMKN 1 Barabai. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Laboratorium Komputer dalam Menunjang Pembelajaran Peserta Didik di SMKN 1 Barabai meliputi aspek perencanaan, SDM, pemeliharaan, dan pengawasan. 1) perencanaan pengelolaan laboratorium dilakukan pada awal tahun. Adapun aspek perencanaan meliputi perencanaan SDM, perencanaan anggaran, perencanaan alat dan bahan, tata ruang laboratorium, dan tata tertib 2) SDM yaitu perekrutannya diambil dari lulusan SMK itu sendiri. Pada SMK masih kekurangan tenaga teknisi 3) pemeliharaan terbagi dua yaitu pemeliharaan ruang laboratorium dan peralatan laboratorium. Laboran membersihkan dan mencek keadaan yang ada dilaboratorium. dan 4) pengawasan dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Yang melakukan pengawasan yaitu kepala sekolah, kepala laboratorium, dan guru. Kepala sekolah melakukan pengawasan terkait kinerja dan keadaan laboratorium adapun guru bertanggungjawab penuh pada pembelajaran praktik. peserta didik di SMK ada saja yang melanggar peraturan yang sudah dibuat. Adapun pelanggaran yang sering dilakukan yaitu membawa makanan ke ruang praktik dan lupa mematikan komputer.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 16 Feb 2022 02:16
Last Modified: 16 Feb 2022 02:16
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18422

Actions (login required)

View Item View Item