EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANAJEMEN PELAKSANAAN MANASIK HAJI MELALUI MEDIA ONLINE DI KEMENTERIAN AGAMA KOTA BANJARMASIN TAHUN 2021

Shodikin, Ahmad (2022) MANAJEMEN PELAKSANAAN MANASIK HAJI MELALUI MEDIA ONLINE DI KEMENTERIAN AGAMA KOTA BANJARMASIN TAHUN 2021. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (204kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (256kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (782kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (536kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Adanya kebijakan untuk melakukan kegiatan atau aktivitas secara online oleh lembaga pemerintahan karena dampak Covid-19, berpengaruh terhadap pelaksanaan manasik haji di Kementerian Agama (kemenag) Kota Banjarmasin. Pelaksanaan manasik haji yang sebelumnya dilakukan secara langsung, kemudian dirubah dengan menggunakan media online yakni melalui aplikasi. Hal ini kemudian menjadi daya tarik Penulis untuk meneliti manajemen pelaksanaan manasik haji melalui media online tersebut, Mengingat manasik haji melalui media online ini merupakan hal yang baru dalam pelaksanaannya sehingga memungkinkan terjadi beberapa problem didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pelaksanaan manasik haji melalui media online di kemenag Kota Banjarmasin, serta problematika yang dihadapi oleh kemenag Kota Banjarmasin dalam melaksanakan manasik haji melalui media online. Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala seksi penyelenggara haji dan umroh (PHU) dan staf (PHU). dan objek penelitian adalah pelaksanaan manasik haji melalui media online. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemudian diolah dengan pengumpulan, reduksi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan manajemen pelaksanaan manasik haji melalui media online oleh kemenag Kota Banjarmasin sudah cukup baik. Akan tetapi dalam pelaksanaannya juga perlu memperhatikan prinsip disiplin khususnya dalam menjalan fungsi controlling kepada jemaah manasik. Kelonggaran pada pelaksanaan manasik haji akan berpengaruh kepada fokus jemaah terhadap materi yang disampaikan, karena jemaah dibebaskan untuk melakukan aktivitas ketika pemberian materi manasik haji secara online. Adapun beberapa problematika yang dihadapi oleh kemenag Kota Banjarmasin dalam melaksanakan manasik haji melalui media online. Pertama, ketersediaan media bahwa ada beberapa jemaah yang tidak memiliki smartphone. Kedua, kendala jaringan. Ketiga, kemampuan jemaah yang lanjut usia yang kesulitan mendengar dan menggunakan media online menjadi permasalahan. Keempat, pengawasan kepada jemaah yang nampak longgar karena jemaah dibebaskan beraktivitas ketika pelaksanaan manasik haji diberikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2022 19:57
Last Modified: 01 Mar 2022 19:57
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18630

Actions (login required)

View Item View Item