EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mtsn 1 Banjar

Normalini, Normalini (2022) Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mtsn 1 Banjar. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (122kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (695kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

pelaksanaan evaluasi pada masa pandemi Covid-19 di MTsN 1 Banjar yang menggunakan sistem Pembelajaran Jarak Jauh. Guru memberikan tugas dan belajar mandiri pada masa pandemi Covid-19. Penilaian harian, tengah semester dan akhir semester pun menerapkan sistem jarak jauh. Evaluasi yang dilakukan oleh guru pada masa pandemi Covid- 19 ini menjadi komponen penting dalam menentukan berhasil tidaknya belajar mengajar, kemajuan yang terutama diperoleh oleh murid, dan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru terutama dalam penilaian hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada masa pandemi Covid-19 di MTsN 1 Banjar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian empat guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 1 Banjar. Objek penelitian evaluasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada masa pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan yang digunakan adalah editing, klasifikasi data dan interpretasi data. Sedangkan analisis data menggunakan analisi deskriptif/kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa evaluasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada masa pandemi Covid-19 di MTsN 1 Banjar bisa dikatakan cukup baik, karena dimasa pandemi Covid-19 ini menggunakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan menerapkan media Google Classroom dan Whatsapp sebagai media pembelajaran bagi guru dan siswa. Sebelum pelaksanaan evaluasi pada masa pandemi Covid-19 ini, guru tetap seperti halnya membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus, menetapkan aspek-aspek yang akan dievaluasi dan teknik yang digunakan dalam evaluasi hasil belajar. Untuk pelaksanaan evaluasi menerapkan media Google Classroom melewati Google Formulir yang disediakan, siswa masuk dan mengisi data, setelah dari itu maka keluar soal-soal evaluasi. Adapun faktor-faktor pendorong pelaksanaan evaluasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada masa pandemi Covid-19 antara lain faktor pendorong yaitu latar belakang pendidikan, vi pengalaman mengajar dan pengetahuan guru terhadap evaluasi, dan adapun faktor penghambat dari pelaksanaan evaluasi pada masa pandemi ialah penguasaan terhadap penggunaan media, jaringan internet serta mekanisme waktu yang dapat berdampak pada hasil evaluasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 01 Mar 2022 19:57
Last Modified: 01 Mar 2022 19:57
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18631

Actions (login required)

View Item View Item