EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

UPAYA ORANG TUA DALAM MELATIH IBADAH SHOLAT PADA ANAK DI DESA SARI UTAMA KECAMATAN SUNGAI LOBAN KABUPATEN TANAH BUMBU

Hadi, Sainur (2022) UPAYA ORANG TUA DALAM MELATIH IBADAH SHOLAT PADA ANAK DI DESA SARI UTAMA KECAMATAN SUNGAI LOBAN KABUPATEN TANAH BUMBU. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Salah satu tanggung jawab orang tua terhadap anak adalah mendidik agamanya. Pengarahan dan pengajaran yang diberikan oleh orang tua kepada anak merupakan upaya untuk membentuk sebuah generasi penerus yang mempunyai kepedulian dan mengerti akan arti tanggung jawab. Dan salah satu pendidikan agama yang terpenting yang harus diupayakan orang tua pada anak adalah melatihnya mengerjakan ibadah sholat sejak masih kecil. Terkadang masih terdapat anak yang masih sengaja meninggalkan ibadah sholat lima waktu, terutama pada sholat subuh, dzuhur dan ashar. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya orang tua serta faktor penghambat dan pendukung dalam melatih ibadah sholat pada anak Desa Sari Utama kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yang terjun langsung kelapangan, pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah upaya orang tua dalam melatih ibadah sholat dengan subjek 18 orang tua yang ada di Desa Sari Utama. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya akan dilakukan analisis data. Berdasarkan hasil penyajian dan analisis data maka diperoleh simpulan upaya orang tua serta faktor pendukung dan penghambat dalam melatih ibadah sholat anak, yaitu: (1) Upaya Orang Tua dalam melatih ibadah sholat anak di Desa Sari Utama Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu antara lain dengan cara 34% mengajak anak sholat berjamaah, 89% menggunakan metode keteladanan dengan cara mencontohkan dan mempraktekkan, 33% menggunakan metode pembiasaan dengan membiasakan sholat, 72% menggunakan metode nasihat dengan memberikan arahan mengenai pentingnya sholat, 72% menggunakan metode pengawasan saat anak melaksanakan sholat sendiri, 67% menggunakan metode reward sebagai bentuk apresiasi kepada anak dan 17% menggunakan metode menyerahkan kepada guru ngaji. (2) Faktor pendukung yang digunakan dalam Upaya Orang Tua melatih Ibadah Sholat pada Anak di Desa Sari Utama yaitu dengan pemberian dukungan dan motivasi kepada anak, lingkungan keluarga anak dan sarana prasarana yang memadai. (3) Faktor penghambat yang dihadapi pada Upaya Orang Tua melatih Ibadah Sholat pada Anak di Desa Sari Utama diantaranya adalah HP/Gadget, TV, bermain di luar rumah dan kurangnya waktu orang tua bersama anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2022 23:03
Last Modified: 03 Mar 2022 23:03
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18654

Actions (login required)

View Item View Item