EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENERAPAN MANAJEMEN KEUANGAN PADA MTs NEGERI DAN MTs SWASTA DI KABUPATEN TANAH LAUT

Apipah, Apipah (2021) PENERAPAN MANAJEMEN KEUANGAN PADA MTs NEGERI DAN MTs SWASTA DI KABUPATEN TANAH LAUT. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (236kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (778kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pengelolaan keuangan pendidikan di madrasah membicarakan tentang bagaimana madrasah menggali sumber dana pendidikan, merencanakan pengeluaran, merealisasikan dana, penerimaan dan pengeluaran serta melakukan pengawasan keuangan terhadap dana yang dikelola baik yang bersumber dari pemerintah, masyarakat dan sumber lainnya untuk mencapai tujuan madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah. Fokus penelitian adalah (1) sumber dana, (2) perencanaan, (3) penggunaan dana, (4) pengawasan dan (5) laporan pertanggungjawaban dana keuangan madrasah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan studi multisitus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, bendahara guru dan orang tua. Analisis data dalam Madrasah Tsanawiyah dilakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi. Proses analisis yaitu: 1) perumusan temuan sementara, 2) membandingkan dan memadukan, 3) proposisi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui: (1) sumber dana pada di MTs Negeri 1 Tanah Laut berasal dari dana DIPA dan kantin; MTs Negeri 2 Tanah Laut berasal dari DIPA, Kantin dan Koperasi sedangkan di MTs Darussalim Bati-Bati berasal dari dana BOS, kantin, koperasi, SPP dan Infaq; (2) Perencanaan di MTs Negeri 1 Tanah Laut dengan analisis sumber dana yang terpisah pengelolaannya, menyusun anggaran, menyusun program kerja dan pengesahan dana; MTs Negeri 2 Tanah Laut perencanaan dengan analisis sumber dana melalui pengelolaan dana DIPA dan dana Koperasi dan Kantin, penyusunan anggaran berdasarkan rencana strategik madrasah, menyusun program kerja, dan pengesahan anggaran dana; sedangkan MTs Darussalim Bati-Bati perencanaan sumber dana BOS sedangkan pengelolaan sumber dana lain oleh komite dengan kegiatan perencanaan dengan menyusunan anggaran dalam RKAM, menyusun program kerja dan pengesahan dana; (3) Penggunaan dana di MTsN 1 Tanah Laut sesuai dengan peraturan dan dana kantin disesuaikan dengan tujuan peningkatkan kinerja guru dan staf dan kualitas madrasah; pada MTsN 2 Tanah Laut Pengunaan dana DIPA sesuai dengan peraturan yang berlaku dalam meningkatkan mutu madrasah sedangkan dana Kantin dan Koperasi sesuai dengan peningkatan kinerja guru dan staf; MTs Darussalim Bati-Bati dalam penggunaan dana BOS sesuai dengan petunjuk teknis dalam meningkatkan kinerja dan mutu pembelajaran; (4) Pengawasan oleh kepala madrasah pada ketiga madrasah oleh, komite, BPK dan Kementrian Agama tetapi pada MTs Darussalim diawasi juga oleh Inspektorat Jenderal; (5) Pelaporan dan pertanggungjawaban pada dilakukan bendahara kepada kepala madrasah dilaksanakan setiap bulan dan pelaporan dana DIPA setiap 3 (tiga) bulan, dana BOS setiap 6 (enam) bulan dan pertanggungjawaban sumber dana lain pada akhir tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 08 Mar 2022 00:44
Last Modified: 08 Mar 2022 00:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18699

Actions (login required)

View Item View Item