EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

تعليم اللغة العربية في مدرسة روضة الإسلامية الثانوية الأهلية "Pembelajaran Bahasa Arab di MAs Raudhatul Islamiyah"

Hamidah, Ratu Noor (2021) تعليم اللغة العربية في مدرسة روضة الإسلامية الثانوية الأهلية "Pembelajaran Bahasa Arab di MAs Raudhatul Islamiyah". Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (827kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini difokuskan pada pembelajaran Bahasa Arab dikelas, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan pembelajaran berlangsung. Antara guru dan siswa dikelas yang terjadi di MAs Raudhatul Islamiyah. Khususnya dalam proses pembelajaran bahasa arab, yang bertempat di MAs Raudhatul Islamiyah. Pendekatan penelitian yang digunakan metode kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan oleh peneliti sendiri dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi, Subjek penelitian adalah seorang guru bahasa arab yang di MAs Raudhatul Islamiyah. Dalam perencanaan pengelolaan Pembelajaran Bahasa Arab yang telah dilakukan oleh guru Bahasa Arab di Mas Raudhatul Islamiyah, perencanaan pembelajaran sudah sesuai alur dalam pembuatan administrasi pembelajaran. Adapun Langkah-langkah guru Bahasa Arab dalam membuat administrasi pembelajaran pertama Standar Kompetensi dan kompetensi dasar, setelah itu menganalisis hari efektif yang sudah ada di dalam kalender pendidikan dan dari kalender pendidikan guru Bahasa Arab membuat program tahunan, program semester yang didistribusikan ke dalam pengembangan silabus ke dalam RPP yang lebih operasional dan rinci, serta siap dijadikan pedoman atau skenario dalam pembelajaran. Dalam pengembangan RPP, guru diberikan kebebasan untuk mengubah, memodifikasi, dan menyesuaikan silabus dengan kondisi sekolah dan daerah, serta dengan karakteristik peserta didik sehingga RPP yang dibuatnya lebih efektif, dan berhasil. Kemudian Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru Bahasa Arab di Mas Raudhatul Islamiyah berjalan efektif dan efisien karena telah memenuhi kriteria pelaksanaan pembelajaran seperti pre test, proses pembelajaran, dan post test. Juga guru Bahasa Arab telah melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan silabus yang telah dituangkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Aspek-aspek yang terkait dengan proses pembelajaran Bahasa Arab adalah bahwa guru telah menguasai materi pembelajaran, strategi pembelajaran yang bervariasi di setiap keterampilan berbahasa dengan metode dan pendekatan yang bervariasi sesuai dengan materi yang dipelajari seperti metode ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan, demonstrasi, dan praktik dengan pendekatan fungsional dan rasional pada pembelajaran Bahasa Arab dan pendekatan ekspositori. Pengelolaan kelas telah mampu dilaksanakan dengan efektif dan efisien, serta penguatan motivasi terhadap siswa telah dilaksanakan oleh guru dengan cara menambahkan kesadaran pentingnya belajar Bahasa Arab dalam kehidupan seharihari, memberikan pujian dan reward, memberikan pertanyaan, memberi tugas, melaksanakan ulangan dan memberitahukan hasilnya kepada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 08 Mar 2022 02:44
Last Modified: 08 Mar 2022 02:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18700

Actions (login required)

View Item View Item