EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGARUH ZAKAT PRODUKTIF PROGRAM PEDAGANG BAZNAS PROVINSI KALSEL TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MUSTAHIK

Hidayatullah, Mahdi (2022) PENGARUH ZAKAT PRODUKTIF PROGRAM PEDAGANG BAZNAS PROVINSI KALSEL TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MUSTAHIK. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (257kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Kemiskinan harus menjadi sebuah tujuan utama dari penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi oleh negara Indonesia, karena aspek dasar yang dapat dijadikan acuan keberhasilan pembangunan ekonomi adalah teratasinya masalah kemiskinan. Program yang dilaksanakan oleh BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan ialah program pedagang berupa bantuan tambahan modal usaha berupa uang dan handphone, serta pelatihan kewirausahaan dengan tujuan mempercepat keberhasilan pengembangan usaha mikro, dengan harapan menciptakan mustahik yang mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendayagunaan zakat produktif Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Selatan terhadap pemberdayaan mustahik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach), dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian uji regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini terdapat 60 orang dan sampelnya berjumlah 60 orang metode population sampling dengan teknis cluster sampling. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah uji regresi berganda melalui program SPSS versi 26 for windows. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, variabel zakat produktif program pedagang memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan pendapatan. Hal ini dibuktikan bahwa nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,00 < probabilitas 0,05 sehingga, dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat di simpulkan bahwa apabila zakat produktif program pedagang semakin baik atau naik maka berpengaruh kepada peningkatan pendapatan yang akan mengalami peningkatan. Konstribusi variabel pendayagunaan zakat produktif dalam menjelaskan yaitu 49,8%, serta sisanya 50,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2022 06:29
Last Modified: 09 Mar 2022 06:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18715

Actions (login required)

View Item View Item