EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KREATIVITAS GURU MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTSN 1 PASER

Arliani, Nor (2022) KREATIVITAS GURU MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTSN 1 PASER. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (828kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Masa pandemi COVID-19, membawa pengaruh signifikan dalam bidang pendidikan. Dunia pendidikan dihadapkan pada tantangan baru seperti halnya guru mata pelajaran fikih di MTsN 1 Paser menggunakan sistem blended learning atau dua model pembelajaran sekaligus dalam satu kali pertemuan di mana guru harus membagi fokus kepada siswa/i yang ada di ruang kelas dan di ruang zoom meeting, dalam hal ini tentu membutuhkan kreativitas guru dalam proses pembelajaran, terutama mata pelajaran fikih karena terdapat bab yang mengharuskan siswa/i menyimak dan memperhatikan materi yang disampaikan agar materi dapat dimengerti dan dipahami dengan baik, sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kreativitas guru mata pelajaran fikih kelas VIII pada masa pandemi COVID-19 di MTsN 1 Paser serta faktor-faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru mata pelajaran fikih kelas VIII pada masa pandemi COVID-19 di MTsN 1 Paser. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah satu orang guru mata pelajaran fikih kelas VIII dan siswa/i kelas VIII, adapun objek penelitiannya adalah kreativitas guru mata pelajaran fikih kelas VIII pada masa pandemi COVID-19 di MTsN 1 Paser. Kreativitas yang dilakukan guru mata pelajaran fikih kelas VIII pada masa pandemi COVID-19 di MTsN 1 Paser dapat dilihat pada tiga aspek berikut ini: metode, strategi, dan media pembelajaran. Pada aspek metode ceramah guru meyelingi motivasi dan cerita-cerita inspiratif, dan metode tanya jawab membuat terjalin interaksi dan komunikasi, merangsang pola pikir siswa/i serta mengetahui tingkat pemahaman siswa/i. Sementara strategi interaktif guru aktif membuka sesi tanya jawab membuat pembelajaran aktif dan tidak membosankan. Selanjutnya media aplikasi zoom meeting, guru dapat memaksimalkan dua model pembelajaran sekaligus dalam satu kali pertemuan. Adapun faktor-faktor pendukung kreativitas guru yaitu: latar belakang pendidikan guru sesuai dengan bidangnya, pengalaman guru mengikuti pelatihan keguruan, dan sarana dan prasarana madrasah yang cukup memadai. Selanjutnya faktor-faktor penghambat kreativitas guru yaitu: waktu yang terbatas hanya 20 menit dalam setiap pertemuan, jaringan kurang mendukung diketahui ada beberapa siswa yang rumahnya koneksi jaringan kurang baik dan anak didik ada yang kurang memperhatikan pembelajaran di kelas dan tidak mengikuti pembelajaran di ruang zoom meeting.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2022 05:42
Last Modified: 10 Mar 2022 05:42
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18733

Actions (login required)

View Item View Item