EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Metode Tilawati Pada Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an Di Rumah Tahfidz Qaryah Thayyibah Banjarmasin

Shofa, Mayda (2022) Penerapan Metode Tilawati Pada Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an Di Rumah Tahfidz Qaryah Thayyibah Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (873kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Al-Qur’an merupakan sumber utama ajaran Islam dan termasuk dalam rukun Iman, oleh karena itu sebagai bentuk keimanan terhadap Al-Qur’an maka setiap mukmim diharuskan agar bisa membaca Al-Qur’an. Terdapat berbagai macam metode dalam belajar membaca Al-Qur’an untuk memudahkan proses kegiatan belajar mengajar Al-Quran. Metode Tilawati merupakan salah satu metode pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan pendekatan yang seimbang antara pembiasaan melalui klasikal dan kebenaran membaca melalui individual baca simak sehingga dalam penerapannya santri dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Tilawati pada pembelajaran tahsin Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Qaryah Thayyibah Banjarmasin serta mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan penerapan metode Tilawati pada pembelajaran tahsin Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Qaryah Thayyibah Banjarmasin. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitan lapangan dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan metode Tilawati pada pembelajaran tahsin Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Qaryah Thayyibah Banjarmasin meliputi: 1) Perencanaan, berupa menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan sebelum pembelajaran; 2) Pelaksanaan, terdiri dari kegiatan awal berupa do’a pembuka, kegiatan inti berupa klasikal peraga, baca simak serta materi penunjang, dan kegiatan akhir berupa do’a penutup; 3) Evaluasi, yang terdiri dari evaluasi kenaikan halaman dan evaluasi kenaikan jilid. Dalam penerapan metode Tilawati pada pembelajaran tahsin Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Qaryah Thayyibah ini tentu terdapat kelebihan dan kekurangan, kelebihannya antara lain: para pengajar sudah mengikuti pelatihan metode Tilawati, menggunakan pendekatan seimbang antara klasikal peraga dan baca simak, dan adanya materi penunjang. Sedangkan kekurangannya antara lain: terlalu banyak halaman yang dibaca saat klasikal peraga dan ketinggalan halaman bagi santri yang tidak hadir.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 21 Mar 2022 06:05
Last Modified: 21 Mar 2022 06:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18866

Actions (login required)

View Item View Item