EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGEMBANGAN LKS BERBASIS STRATEGI PEMBELAJARAN PODEW DAN BERBANTUAN VIRTUAL LAB PADA MATERI FLUIDA STATIS

Ramadhana, Amniah (2022) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS STRATEGI PEMBELAJARAN PODEW DAN BERBANTUAN VIRTUAL LAB PADA MATERI FLUIDA STATIS. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (756kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (12MB)

ABSTRAK

Fisika saat ini masih menjadi momok bagi sebagian siswa. Mereka menganggap fisika adalah mata pelajaran yang sulit. Hal ini mengakibatkan rendahnya motivasi siswa untuk mempelajari fisika, serta siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, sehingga ada beberapa materi yang kurang dipahami siswa, salah satunya pada materi fluida statis dengan rata-rata nilai 62 dari KKM 70. Berdasarkan hal tersebut maka dikembangkan Lembar Kerja Siswa Berbasis Strategi Pembelajaran PODEW dan Berbantuan Virtual Lab pada Materi Fluida Statis yang diharapkan dapat membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan langkah-langkah pengembangan LKS Berbasis Strategi Pembelajaran PODEW dan Berbantuan Virtual Lab pada Materi Fluida Statis, mendeskripsikan validitas pengembangan LKS Berbasis Strategi Pembelajaran PODEW dan Berbantuan Virtual Lab pada Materi Fluida Statis, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap pengembangan LKS Berbasis Strategi Pembelajaran PODEW dan Berbantuan Virtual Lab pada Materi Fluida Statis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan adalah model ADDIE yang dimulai dari tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi.Tahap validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Lokasi penelitian ini di SMAN 3 Banjarmasin pada semester genap tahun 2021/2022. Subjek penelitian terdiri dari validator ahli dosen UIN Antasari Banjarmasin, guru fisika SMAN 3 Banjarmasin, guru fisika SMAN 1 Kusan Hilir dan siswa SMAN 3 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan angket. Data dianalisis dengan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS dikembangkan berdasarkan langkah-langkah tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Validitas LKS menunjukkan bahwa hasil validasi produk pada ahli madia sangat valid dengan persentase 93% dan hasil validasi pada ahli materi sangat valid dengan persentase 96%, hasil respon siswa terhadap LKS memperoleh nilai rata-rata 83% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 21 Mar 2022 06:03
Last Modified: 21 Mar 2022 06:03
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18867

Actions (login required)

View Item View Item