EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK BERMUATAN POTENSI LOKAL PADA MATERI FLUIDA STATIS

Wahni, Nadiya (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK BERMUATAN POTENSI LOKAL PADA MATERI FLUIDA STATIS. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (397kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

ABSTRAK

Proses pembelajaran yang diterapkan dikelas masih pembelajaran konvensional. Penguasaan peserta didik hanya menerima 5% dalam mengingat yang mereka pelajari ketika mencermati uraian guru, maka diperlukan pendekatan lain yaitu pendekatan saintifik dimana berfokus pada student centered, peserta didik akan memperolah 90% ketika terjadi interaksi antara guru dengan peserta didik maupun antar peserta didik. Kenaikan Virus COVID-19 menyebabkan pembelajaran dilakukan secara online, sehingga diperlukan bahan ajar online. Agar pembelajaran fisika lebih bermakna maka fisika dapat dikaitkan dengan potensi lokal. Berdasarkan hal tersebut maka dikembangkan E-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Bermuatan Potensi Lokal pada Materi Fluida Statis sehingga diharapkan dapat membantu peserta didik aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan menjelaskan langkah-langkah pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Bermuatan Potensi Lokal pada Materi Fluida Statis, mendeskripsikan validitas pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Bermuatan Potensi Lokal pada Materi Fluida Statis, dan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Bermuatan Potensi Lokal pada Materi Fluida Statis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan adalah model ADDIE dikembangkan oleh Robert Maribe Branch yang dimulai dari tahap Analyze (analisis), tahap Design (desain), tahap Development (pengembangan), tahap Implementation (implementasi), dan tahap Evaluation (evaluasi). Tahap validasi melibatkan dua tim ahli dari tim ahli materi dan tim ahli media. Lokasi penelitian ini di MAN Tanah Laut pada semester genap tahun 2021/2022. Subjek penelitian terdiri dari validator ahli dosen UIN Antasari Banjarmasin dan guru fisika MAN Tanah Laut dan peserta didik MAN Tanah Laut. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan angket. Data dianalisis dengan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD dikembangkan berdasarkan langkah-langkah yaitu tahap Analyze (analisis), tahap Design (desain), tahap Development (pengembangan), tahap Implementation (implementasi), dan tahap Evaluation (evaluasi)). Validitas E-LKPD menunjukkan bahwa hasil validasi produk oleh ahli materi sangat layak dengan persentase 93% dan hasil validasi oleh ahli media sangat layak dengan persentase 92%, hasil respon peserta didik terhadap E-LKPD memperoleh nilai rata-rata 85% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 22 Mar 2022 01:14
Last Modified: 22 Mar 2022 01:14
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18871

Actions (login required)

View Item View Item