EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANAJEMEN STRATEGIK PADA SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 9 DAN MADRASAH DINIAH ISLAMIAH MUHAMMADIYAH 1 DI KOTA BANJARMASIN

Nisa, Misbatun (2021) MANAJEMEN STRATEGIK PADA SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 9 DAN MADRASAH DINIAH ISLAMIAH MUHAMMADIYAH 1 DI KOTA BANJARMASIN. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (574kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (573kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (798kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

ABSTRAK (2021) Manajemen Strategik Pada Sekolah Dasar Muhammadiyah 9 Banjarmasin dan Madrasah Diniah Islamiah Muhammadiyah 1 di Kota Banjarmasin. Pembimbing I: Prof. Dr. Kamrani Busri, M.A. dan Pembimbing II: Dr. Ahmad Juhaidi, S. Ag., M.Pd.I Kata kunci: Manajemen Strategik Manajemen strategik memiliki pengaruh yang sangat besar dalam dunia pendidikan dan dianggap sebagai metode yang mampu menjadikan sekolah yang unggul, sehingga manajemen strategik sangat perlu untuk dilaksanakan di setiap sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menjelaskan secara mendalam: (1) Perencanaan manajemen strategik, (2) Pelaksanaan manajemen strategik, (3) Evaluasi manajemen strategik, (4) Hal yang menopang dan menghambat manajemen strategik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan teknik dokumentasi. Data yang terkumpul melalui metode tersebut, diperiksa dan dilakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Setelah dilakukan pemeriksaan, data yang terkumpul dianalisis secara mendalam dan dilakukan pengecekan keabsahan data untuk dapat dipertanggungjawabkan. Hasil penelitian di temukan bahwa perencanaan manajemen strategik dilakukan melalui beberapa kegiatan antara lain: perumusan visi misi dan perumusan tujuan sekolah. Perencanaan strategik dilakukan melalui kegiatan, pembentukan tim perumus visi misi, penentuan visi dan misi, analisis peluang, ancaman, hambatan dan alternatif pemecahan masalah dan perumusan tujuan sekolah. Pelaksanaan manajemen strategik meliputi pelaksanaan program santun, islami, mandiri, serta berwawasan lingkungan. Dimana penanaman nilai-nilai agama serta penanaman karakter terhadap peserta didik didukung dengan kurikulum yang mengoptimalkan potensi peserta didik serta sarana dan prasarana dalam mendukung tercapainya perserta didik yang islami dan berwawasan lingkungan serta penggunaan anggran pendidikan untuk mendukung pelaksanaan program kegiatan. Evaluasi manajemen strategik meliputi evaluasi program sekolah dan evaluasi kinerja guru. Evaluasi program dilakukan secara berkesinambungan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan Muhammadiyah. Hal yang menopang dan menghambat manajmen strategik melalui analisis lingkungan internal dan eksternal untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki sekolah serta alternatifnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kedua sekolah ini telah melaksankan manajemen strategik sesuai dengan prosedur yang telah ada. Disarankan bagi sekolah Muhammadyah untuk menggunakan manajemen strategik secara total dalam meningkatkan kualitas sekolah. Bagi kepala sekolah diharuskan menggunakan manajemen strategik dalam memajukan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 12 Apr 2022 04:19
Last Modified: 12 Apr 2022 04:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19049

Actions (login required)

View Item View Item