EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Bimbingan dan Konseling Islam terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Angsana

Rahmah, Miftahul (2022) Pengaruh Bimbingan dan Konseling Islam terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Angsana. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh diperlukan strategi guna memberikan motivasi agar siswa memiliki semangat dalam belajarnya dengan menumbuhkan kesadaran serta motivasi yang sangat kuat dan semangat tanpa meninggalkan unsul islam yakni melalui bimbingan dan konseling islam. Hal ini mengingat bervariasinya motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Angsana jika dilihat dari hasil belajar siswa yang masih ada di bawah rata-rata, sikap suka menentang, ketekunan menyelesaikan tugas yang diberikan guru, serta suka membolos bahkan pada saat pembelajaran diselenggarakan secara daring. Oleh sebab itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bimbingan dan konseling Islam, motivasi belajar siswa serta pengaruh bimbingan dan konseling Islam terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Angsana. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research) dengan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Angsana dan sampel sebanyak 40 orang ditentukan dengan teknik Insidental Sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi kemudian dianalisis secara kuantitatif melalui bantuan SPSS 25. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan: Pertama, Bimbingan dan konseling Islam yang diselenggarakan pada SMP Negeri 1 Angsana termasuk dalam ketegori sangat tinggi sebesar 97,5% dan tinggi sebesar 2,5%, sebab penyelenggaraannya melalui beberapa kegiatan, yaitu: bidang pendidikan, bidang sikap, bidang pembinaan kepribadian, bidang kesehatan jasmani dan rohani, bidang pekerjaan, bidang bimbingan sosial, bidang bimbingan belajar, dan bidang bimbingan keluarga. Kedua, motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Angsana pada umumnya tergolong sangat tinggi sebesar 82,5% dan hanya 17,5% yang menunjukkan motivasi belajar tinggi. Ketiga, Bimbingan dan konseling Islam memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Angsana, yaitu sebesar 0,100 (10%). Hal ini berarti semakin bagus bimbingan dan konseling Islam, maka akan semakin bagus pula motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Angsana.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 13 Apr 2022 00:19
Last Modified: 13 Apr 2022 00:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19055

Actions (login required)

View Item View Item