EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KOMUNIKASI DAKWAH VISUAL MELALUI INSTAGRAM AKUN @MUSLIMDESIGNERCOMMUNITY

Handayani, Siska (2022) KOMUNIKASI DAKWAH VISUAL MELALUI INSTAGRAM AKUN @MUSLIMDESIGNERCOMMUNITY. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (561kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (485kB)

ABSTRAK

Dilatar belakangi dengan hadirnya media baru (new media), seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi telah membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Instagram menjadi salah satu media massa berbasis internet yang banyak digunakan oleh para da’i untuk mensyiarkan ajaran Islam. Komunitas Muslim Designer Community merupakan salah satu komunitas yang bergerak di bidang dakwah menggunakan media komunikasi visual berupa poster berisikan pesan dakwah yang di posting pada Instagram akun @muslimdesignercommunity. Maka dari itu muncul rumusan masalah yang ingin dikaji tentang bagaimana interpretasi komunikasi dakwah visual terhadap poster yang dibagikan melalui Instagram akun @muslimdesignercommunity. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Adapun hasil dari analisis sebanyak 27 poster dakwah yang dibagikan pada akun @muslimdesignercommunity berupa interpretasi komunikasi dakwah visual berdasarkan dengan objek dan teksnya, dan ada juga yang hanya terdapaat teksnya saja, yang disertai dengan penggunakan unsur-unsur visual sebagai sarana utama dalam proses penyampaian pesan dengan menggunakan berbagai kekuatan visual berupa tipografi, ilustrasi, warna, layout, dan sebagainya yang dilihat dari tiga prinsip komunikasi visual berupa kesatuan, keseimbangan dan penekanan. Disimpulkan bahwa Instagram akun @muslimdesignercommunity merupakan akun yang menyebarkan dakwah dengan menggunakan poster bertujuan untuk menyampaikan informasi atau pesan yang mengajak untuk berbuat amar ma’ruf nahi munkar sesuai dengan pedoman dalam Al-Qur’an dan as-Sunnah. Interpretasi dakwah sesuai dengan objek dengan teks yang terdapat pada poster yang dibagikan mengandung unsur-unsur komunikasi visual berupa tipografi, ilustrasi, warna, layout, serta prinsip-prinsip komunikasi visual berupa kesatuan, keseimbangan, dan penekanan yang disajikan dalam bentuk infografis.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:13
Last Modified: 25 Apr 2022 03:13
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19107

Actions (login required)

View Item View Item