EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PANDANGAN DAN SIKAP SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTSN 1 BANJARMASIN

Ramadhan, Ary (2022) PANDANGAN DAN SIKAP SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTSN 1 BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Keaslian tulisan.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (628kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (49kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (277kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (116kB)
[img] Text
daftar lampiran.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak dapat ditinggalkan dalam kehidupan setiap orang. Hal ini karena melalui pendidikan, manusia dapat meningkatkan harkat dan martabatnya untuk peradaban budaya dan cara berpikir yang lebih maju, lebih enerjik, dan lebih ilmiah. Dari segi pendidikan ketuhanan, pendidikan agama Islam merupakan upaya untuk menanamkan ajaran Islam kepada manusia, salah satunya adalah dengan mempelajari dan menanamkan budi pekerti dan akhlak, sehingga dapat mencerminkan seorang muslim yang baik, selain mempelajari akhlak tersebut. harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. 1. Untuk mengetahui Pandangan Siswa MtsN 1 Banjarmasin 2. Untuk mengetahui Sikap Siswa MtsN 1 Banjarmasin 3. Mengetahui faktor Pendukung dan Penghambat Pandangna dan Sikap Siswa MtsN 1 Banjarmasin Jenis Penelitian ini adalah Penelitian lapangan (Field Research) yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yakni pendekatan yang lebih menekankan analisisnya pada proses pengambilan simpulan yang bersifat induktif serta analisis terhadap dinamika hubungan antara fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah. Disebut kualitatif karena sifat-sifat data yang dikumpulkan berupa data narasi dan tidak menggunakan alat ukur data kuantitatif, Dalam hal ini penulis mendeskripsikan Pandangan dan Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran Akidah Akhlak di MtsN 1 Banjarmasin.Maka setelah melakukan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi yang sesuai maksud dan tujuan penelitian akan dapat memaparkan data hasil penelitian. Data dibawah ini adalah data yang diperoleh dari hasil wawancara dari kepala sekolah dan 1 guru akidah akhlak, observasi yang dilakukan peneliti secara langsung di lapangan serta hasil dokumentasi yang diperoleh peneliti di lokasi. Data-data tersebut disusun dan disajikan dalam bentuk deskriptif yaitu dengan mengemukakan data yang diperoleh kedalam bentuk penjelasan atau uraian kata sehingga mudah untuk dipahami. untuk mengetahui pandangan dan sikap siswa terhadap pembelajaran akidah akhlak di MTsN 1 banjarmasin. Pandangan siswa terhadap pembelajaran akidah akhlak merupakan bagian peran penting bagi siswa, karena komponen tersebut adalah tindakan yang mendasar. Maka dari itu pendidikan akidah akhlak bertujuan membentuk adanya karakteristik serta pandangan kepada siswa, dengan adanya gambaran dalam kehidupan sehari-hari. Siswa menerima segala aspek kehidupan lewat dengan panca indera berupa pandangan terhadap segala sesuatu, dengan menerapkan apa yang sudah diajarkan terhadap pembelajaran akidah akhlak. Adapun mengenai sikap siswa terhadap pembelajaran akidah akhlak merupakan perilaku yang semestinya diajarkan dalam pendidikan akidah akhlak, seperti menerapkan akhlak terpuji di sekolah mapun diluar lingkungan serta menjauhi akhlak tercela yang dapat merugikan diri siswa. Maka dari itu sikap siswa yang bagus dan berkualitas akan mencerminkan kepribadian yang bersifat akhlakurkarimah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:13
Last Modified: 23 Jun 2022 02:13
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19411

Actions (login required)

View Item View Item