EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KOMUNIKASI DAN INFORMASI NEGATIF MENURUT TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK KEMENTERIAN AGAMA RI

Azhari, M. Haikal (2022) KOMUNIKASI DAN INFORMASI NEGATIF MENURUT TAFSIR AL-QUR’AN TEMATIK KEMENTERIAN AGAMA RI. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (227kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (503kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text
LAMPIRAN RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (60kB)

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan apa saja istilah komunikasi dan informasi negatif yang dipakai oleh Al-Qur’an dan bagaimana penafsiran istilah-istilah komunikasi dan informasi negatif dalam Tafsir Kementerian Agama. Jenis penelitian ini adalah penelitiaan kepustakaan (Library research), yang berisikan dari sumber-sumber yang tertulis yang bisa digunakan untuk mendapatkan analisis terhadap permasalahan ini. Peneliti menggunakan metode maudhu’i yaitu dengan cara membahas ayat-ayat berdasarkan tema atau judul yang sudah ditentukan. Oleh karena itu, penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan komunikasi karena lebih berfokus kepada aspek pembahasan secara mendalam terhadap objek yang diteliti. Hasil analisis dari penelitian ini ialah (1) terdapat empat istilah komunikasi dan informasi negatif yang dipakai oleh Al-Qur’an yaitu qaul al-zûr sebagai dusta dalam Q.S. al-Hajj/22: 30, tajassus sebagai gibah dalam Q.S. al- Hujurât/49: 12, al-hamzu yang artinya suka mencela dan menebarkan fitnah dalam Q.S. al-Qalam/68: 10-11 dan yaskhuru yang artinya suka menghina orang lain dalam Q.S. al-Hujurât/49: 11. (2) Dalam tafsir tematik Kementerian Agama, Al-Qur’an menyebutkan qaul al-zûr sebagai dusta, dengan berdalil Q.S. al-Hajj/22: 30. Disana ada himbauan Allah kepada orang beriman untuk menjauhi qaul al-zûr, yang dipahami qaul al-zûr disana adalah perkataan-perkataan dusta. Kemudian, Al-Qur’an menyebutkan tajassus sebagai gibah dengan dalil Q.S. al-Hujurât/49: 12. Allah memberikan larangan untuk tajassus, karena tajassus lebih buruk dari manusia yang makan daging saudaranya sendiri. Ketiga, Al-Quran menyebutkan orang yang suka mencela dan menebarkan fitnah dengan sebutan al-hamzu dengan berdalil Q.S. al-Qalam/68: 10-11. Keempat, Al-Qur’an menyebut yaskhuru yaitu larangan bagi orang yang suka menghina orang lain dengan berdalil Q.S. al-Hujurât/49: 11. Pelaku yang suka menghina orang lain disebut sukhriyyah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:42
Last Modified: 23 Jun 2022 03:42
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19430

Actions (login required)

View Item View Item