EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

INTERAKSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM(PAI) DI SMAN 1 TANAH SIANG SELATAN

Safitri, Evi (2022) INTERAKSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM(PAI) DI SMAN 1 TANAH SIANG SELATAN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
pernyataan keaslian tulisan - Evi Safitri.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Awal - Evi Safitri.pdf

Download (366kB)
[img] Text
ABSTRAK - Evi Safitri.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I - Evi Safitri.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II - Evi Safitri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB III - Evi Safitri.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB IV - Evi Safitri.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB V - Evi Safitri.pdf

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Evi Safitri.pdf

Download (70kB)
[img] Text
LAMPIRAN - Evi Safitri.pdf

Download (226kB)

ABSTRAK

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk Interaksi pendidik dan peserta didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI) di SMAN 1 Tanah Siang Selatan. Serta untuk mengetahui peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun interaksi pembelajaran di SMAN 1 Tanah Siang Selatan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai interaksi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tanah Siang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang menekankan pada makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu, lebih banyak meneliti dalam kehidupan sehari-hari. Subjek pada penelitian ini adalah guru pendidikan agama islam dan siswa di SMAN 1 Tanah Siang Selatan. Objek pada penelitian ini adalah interaksi yang terjadi dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMAN 1 Tanah Siang Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa pola interaksi yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMAN 1 Tanah siang selatan adalah pola interaksi dua arah, dan pola interaksi tiga arah. Dimana pola interaksi satu arah digunakan dengan menerapkkan metode ceramah, tanya jawab dan demonstrasi. Sedangan pola interakhi tiga arah digunakan dengan menerapkan metode tutor teman sebaya. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang baik dalam membangun interaksi siswa, guru membangun interaksi pembelajaran dengan cara Menggunakan media dan metode yang bervariasi sesuai dengan materi yang akan diajarkan, hal ini bertujuan untuk membuat siswa lebih tertarik dan semangat dalam mengikuti proses pembelajaran, membuat siswa tidak bermalasmalasan dan tidak merasa jenuh, sehingga tercipta interaksi yang baik antara guru dan siswa, selain itu peran guru juga sangat mempengaruhi dalam membangun interaksi dalam pembelajaran, dimana guru harus mampu membuat suasana kelas kondusif dan suasana kelas yang menyenangkan agar siswa tidak merasa bosan dan jenuh pada saat proses pembelajaran, sehingga siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 01 Jul 2022 00:32
Last Modified: 01 Jul 2022 00:32
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19502

Actions (login required)

View Item View Item