EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANAJEMEN PELAYANAN ADMINISTRASI IBADAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KAPUAS

RAHMINI, RAHMINI (2022) MANAJEMEN PELAYANAN ADMINISTRASI IBADAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KAPUAS. Skripsi, Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN - Rahmini.pdf

Download (287kB)
[img] Text
AWAL - Rahmini.pdf

Download (961kB)
[img] Text
ABSTRAK - Rahmini.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I - Rahmini.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB II - Rahmini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
BAB III - Rahmini.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV- Rahmini.pdf

Download (822kB)
[img] Text
BAB V - Rahmini.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Rahmini.pdf

Download (302kB)
[img] Text
LAMPIRAN - Rahmini.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini dilandasi terkait pelayanan administrasi ibadah haji yang meliputi pelayanan pendaftaran ibadah haji, pembatalan, pelimpahan nomor porsi, penyusunan dokumen kelengkapan-kelengkapan ibadah haji, dan pelunasan. Setiap orang yang hendak menunaikan ibadah haji harus memenuhi kelengkapan-kelengkapan administrasi terlebih dahulu sebagai syarat untuk dapat dikatakan sah sebagai jemaah haji yang akan diberangkatkan. Manajemen yang efektif dan efesien dapat mempengaruhi suatu berhasilnya pelayanan administrasi yang dijalankan. Pelayanan administrasi adalah proses penyelenggaraan kerja untuk tercapainya suatu tujuan yang telah ditetapkan. Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kapuas merupakan suatu lembaga pemerintah yang bergerak pada bidang penyelenggaraan, atau pelayanan administrasi ibadah haji. Karena tanpa adanya pelayanan administrasi yang baik akan mempersulit proses jemaah haji yang ingin berangkat haji. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses manajemen pelayanan administrasi ibadah haji yang diterapkan, dan apa saja penghambat dan pendukung pelayanan administrasi ibadah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode dalam pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pelayanan administrasi yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas telah berjalan dengan baik, sesuai dengan teori fungsi manajemen yaitu adanya penerapan fungsi planning, organizing, actuating, dan controlling. Juga sesuai dengan teori kualitas layanan yang meliput reliabity, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles pada kegiatan pelayanan administrasi, sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Faktor penghambat : ruangan penyelenggara haji dan umrah tidak memadai dalam pelayanan adminstrasi untuk menampung jemaah haji, ketidak sinkronan data jemaah haji, kurangnya berkas persyaratan jemaah haji, berganti nya nomor telepon dan berpindahnya domisili atau alamat jemaah haji, jaringan internet yang tiba-tiba gangguang ketika melakukan pelayanan. Faktor Pendukung : Sumber Daya Manusia yang mencukupi, koordinasi antara atasan dan bawahan berjalan dengan baik, jaringan internet cukup baik, Adanya software SISKOHAT yang memudahkan data haji dan lokasi Kantor Kementerian Agama kabupaten Kapuas yang sangat terjangkau.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 07 Jul 2022 01:49
Last Modified: 07 Jul 2022 01:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19549

Actions (login required)

View Item View Item