EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PRAKTIK ZAKAT PERDAGANGAN OLEH PENGUSAHA MUSLIM DI PASAR SUDIMAMPIR KOTA BANJARMASIN

Firdausa, Lita Ayu (2022) PRAKTIK ZAKAT PERDAGANGAN OLEH PENGUSAHA MUSLIM DI PASAR SUDIMAMPIR KOTA BANJARMASIN. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN LITA AYU FIRDAUSA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL LITA AYU FIRDAUSA.pdf

Download (758kB)
[img] Text
ABSTRAK LITA AYU FIRDAUSA.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I LITA AYU FIRDAUSA.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB II LITA AYU FIRDAUSA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
BAB III LITA AYU FIRDAUSA.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB IV LITA AYU FIRDAUSA.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB V LITA AYU FIRDAUSA.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA LITA AYU FIRDAUSA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
LAMPIRAN LITA AYU FIRDAUSA.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Zakat perdagangan merupakan suatu kewajiban yang harus di tunaikan oleh pengusaha-pengusaha muslim yang apabila harata dagangnya telah mencapai haul dan nisab. Dalam skripsi ini membahas tentang bagaimana praktik zakat yang dilakukan oleh pengusaha muslim yang ada di Pasar Sudimampir Kota Banjarmasin dan bagaimana dampak zakat perdagangan tersebut bagi penerimanya (mustahik). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah Pasar Sudimampir Jln. Ujung Murung, Kertak Baru Ulu, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan kode pos 70234. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang pengusaha muslim (muzakki) dan 7 orang penerima zakat (mustahik). Teknik data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian yang diperoleh adalah bahwa: (1) praktik zakat perdagangan yang dilakukan oleh pengusaha muslim di Pasar Sudimampir Kota Banjarmasin belum berjalan dengan baik karena kurangnya perhatian muzzaki terhadap zakat perdagangan dan tata cara pengeluaran zakat yang masih belum sepenuhnya sesuai dengan syari‟at Islam seperti dalam penentuan mustahik, penyaluran dana zakat, dan perhitungan harta yang wajib di zakati. (2) dampak zakat perdagangan bagi penerimanya sangat baik dan membantu meningkatkan tabungan dan pendapatan, maka dengan ini zakat secara langsung berdampak postif terhadap perekonomian mustahik (penerima zakat). Dengan demikian, peneliti meyarankan agar para pengusaha muslim di pasar sudimampir lebih memberikan perhatian terhadap zakat perdagangan, mintalah bantuan kepada yang lebih mengetahui tentang perhitungan zakat agar harta yang dikeluarkan sesuai dengan yang seharusnya, alangkah baiknya jika zakat perdagangan tersebut diserahkan muzzaki (pengusaha muslim) kepada Lembaga Amil Zakat agar perhitungan dan pendistribusian dana zakat tersebut sesuai dengan target yang dimaksud syariat yaitu 8 golongan yang telah disebutkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 18 Jul 2022 06:39
Last Modified: 18 Jul 2022 06:39
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19627

Actions (login required)

View Item View Item