EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

IMPLEMENTASI METODE IQRO PADA TAMAN PENDIDIKAN ALQURAN (TPA) DI BANJARMASIN

Norhelda, Norhelda (2021) IMPLEMENTASI METODE IQRO PADA TAMAN PENDIDIKAN ALQURAN (TPA) DI BANJARMASIN. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (189kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (164kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi karena saat ini pembelajaran dengan menggunakan metode iqro mengalami penurunan karena ada terdapat anak-anak yang telah menyelesaikan pembelajaran dengan buku iqro tetapi ketika membaca Alquran belum mampu membacanya dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, sedangkan pembelajaran dengan menggunakan metode iqro melalui buku iqro sudah sangat memberikan kemudahan bagi semua kalangan yang diajarkan secara bertahap dari jilid 1 sampai jilid 6. Tujuan penelitian untuk mengetahui tentang prosedur pembelajaran metode iqro, kompetensi ustadz/ustadzah pada TPA yang menggunakan metode iqro, faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan metode iqro pada TPA di Banjarmasin, khususnya unit 002 Da’watul Khair, 191 Al Inayah dan 084 Baitul Mukarramah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan melakukan reduksi data, display data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitan, implementasi metode iqro pada Taman Pendidikan Alquran (TPA) di Banjarmasin pada saat ini diketahui bahwa prosedur pembelajaran metode iqro pada Taman Pendidikan Alquran (TPA) diawali dengan pembukaan, kalsikal awal, pembelajaran inti (pembelajaran iqro secara private pada semua santri) lalu klasikal akhir, terakhir penutup. Kompetensi ustadz/ustadzah pada Taman Pendidikan Alquran (TPA) yang menggunakan metode iqro di Banjarmasin terkait dengan kompetensi sosial, kepribadian, profesional dan peadagogik sudah cukup baik meskipun masih ada yang perlu ditingkatkan lagi terkait dengan pengajaran. Faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi metode iqro pada Taman Pendidikan Alquran (TPA) di Banjarmasin antara lain: faktor pendukung yang didapatkan dari BKPRMI sebagai lembaga yang menaungi TPA. Faktor penghambat adalah dari berbagai sumber baik dari santri, guru, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 20 Jul 2022 00:50
Last Modified: 20 Jul 2022 00:50
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19656

Actions (login required)

View Item View Item