EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

UPAYA GURU AL-QUR’AN HADIS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH 2 TAPIN

Ridha, Muhammad Alfi (2022) UPAYA GURU AL-QUR’AN HADIS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH 2 TAPIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN ALFI.pdf

Download (315kB)
[img] Text
AWAL ALFI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK ALFI.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB I ALFI.pdf

Download (895kB)
[img] Text
BAB II ALFI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)
[img] Text
BAB III ALFI.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB VI ALFI.pdf

Download (707kB)
[img] Text
BAB V ALFI.pdf

Download (302kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ALFI.pdf

Download (415kB)
[img] Text
LAMPIRAN ALFI.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kesulitan membaca Al-Qur’an yang masih dialami peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tapin yang mana merupakan masalah yang penting dan perlu mendapatkan perhatian yang serius dari kalangan pendidik, dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada peserta didik maka diperlukan upaya melalui perantara guru Al-Qur’an hadis untuk membantu peserta didik agar dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk kesulitan membaca Al-Qur’an yang dialami peserta didik, bagaimana upaya guru Al-Qur’an hadis dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menghadapi kesulitan membaca Al�Qur’an peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 2 Tapin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dan merupakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian menggunakan data yang didapatkan berdasarkan keterangan, berupa wawancara atau data yang didapat secara tertulis, observasi berdasarkan kejadian, dan dokumentasi. Adapun analisa data dan teknik yang penulis gunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat melalui bentuk-bentuk kesulitan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an, contohnya kesulitan melafalkan sebagian huruf hijaiah, menerapkan kaidah ilmu tajwid dan kesulitan membaca Al-Qur’an dengan lancar, dari bentuk kesulitan yang dialami peserta didik maka upaya guru Al-Qur’an Hadis dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an yaitu memberikan motivasi dan perbaikan kepada peserta didik, penggunaan metode�metode dalam membaca Al-Qur’an, pembiasaan membaca Al-Qur’an di sekolah serta adanya program klinik perbaikan membaca Al-Qur’an yang di fasilitasi sekolah. Dalam upaya guru mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an terdapat faktor pendukung dan penghambatnya. Adapun faktor pendukungnya yaitu fasilitas sarana dan prasarana yang memadai serta adanya program membaca Al-Quran dari sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu rendahnya minat dan motivasi peserta didik, keterbatasan waktu, dan faktor lingkungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 20 Jul 2022 00:48
Last Modified: 20 Jul 2022 00:48
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19658

Actions (login required)

View Item View Item