EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERAN LEMBAGA DAKWAH KAMPUS DALAM PEMBINAAN AKHLAK MAHASISWA PAI (STUDI KASUS DI LDK NURUL FATA UIN ANTASARI BANJARMASIN)

Muhammad Tazalli, Muhammad Tazalli (2022) PERAN LEMBAGA DAKWAH KAMPUS DALAM PEMBINAAN AKHLAK MAHASISWA PAI (STUDI KASUS DI LDK NURUL FATA UIN ANTASARI BANJARMASIN). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (797kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini mengemukakan tentang peran lembaga dakwah kampus dalam pembinaan akhlak mahasiswa PAI (studi kasus di LDK Nurul Fata UIN Antasari Banjarmasin). Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran lembaga dakwah kampus dalam pembinaan akhlak mahasiswa PAI (studi kasus di LDK Nurul Fata UIN Antasari Banjarmasin) dan faktor apa saja yang menjadi penghambat atau pendukung oleh LDK Nurul Fata UIN Antasari Banjarmasin. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang peran LDK Nurul Fata UIN Antasari Banjarmasin bagi mahasiswa PAI dalam pembinaan akhlak melalui kegiatan-kegiatannnya dan faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlak bagi mahasiswa PAI melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh LDK Nurul Fata UIN Antasari Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian ini adalah beberapa pengurus aktif LDK Nurul Fata periode tahun 2021-2022 yang berjurusan PAI yang terdiri dari 3 orang orang pengurus inti, 5 orang ketua bidang/divisi dan 6 orang anggota. Sedangkan objek penelitian ini adalah peran lembaga dakwah kampus dalam pembinaan akhlak mahasiswa PAI (studi kasus di LDK Nurul fata UIN Antasari Banjarmasin) serta faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhinya. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan teknik koleksi data, pengeditan data, klasifikasi data dan interprestasi data. Analisis data menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran lembaga dakwah kampus dalam pembinaan akhlak mahasiswa PAI (studi kasus di LDK Nurul Fata UIN Antasari Banjarmasin) sudah baik melalui kegiatan-kegiatan yang berupa majelis maulid habsy, majelis burdah, kajian diskusi muslimah majelis keislaman, pelatihan khutbah dan ceramah, pondok dakwah, pesantren ramadhan dan wisata religi dan juga memberikan motivasi, nasehat, pembiasaan dan hukuman. Bahwa faktor yang mempengaruhi dalam usaha pengurus LDK Nurul Fata dalam membina akhlak mahasiswa PAI UIN Antasari Banjarmasin adalah faktor masyarakat atau lingkungan dan faktor pendidikan mahasiswa PAI itu sendiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:39
Last Modified: 25 Jul 2022 06:39
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19732

Actions (login required)

View Item View Item