EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH AL-IRSYAD ASTAMBUL

Mahmudah, Siti (2022) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH AL-IRSYAD ASTAMBUL. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (834kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi pada pembelajaran Fikih yang dilakukan guru dirasa kurang maksimal karena kurangnya variasi metode dalam menyampaikan pembelajaran sehingga peserta didik merasa bosan dalam belajar. Penelitian ini membahas tentang penerapan metode problem solving pada pembelajaran Fikih kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Irsyad Astambul. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan pelaksanaan pembelajaran Fikih dengan menerapkan metode problem solving dan mendeskripsikan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam penerapan metode problem solving pada pembelajaran Fikih kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Irsyad Astambul. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dengan mengambil lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Al-Irsyad di Kecamatan Astambul. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan data dengan latar alami sebagai sumber langsung dilokasi penelitian sehingga akan terlihat proses penerapan metode problem solving serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapannya. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru mata pelajaran fikih dan peserta didik kelas XI. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan metode problem solving dan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan metode problem solving pada pembelajaran Fikih kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Irsyad Astambul. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam pengolahan data menggunakan teknik editing, klasifikasi, verifikasi dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode problem solving pada pembelajaran fikih kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Irsyad Astambul terlaksana dengan baik, seperti perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sudah berjalan dengan baik. Adapun faktor pendukung dalam penerapan metode problem solving pada pembelajaran fikih kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Irsyad ini adalah faktor guru dan faktor peserta didik dan faktor pendukung lainnya adalah lingkungan belajar yang cukup nyaman. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor sarana dan fasilitas belajar yang masih kurang memadai, serta faktor waktu yang dirasa masih kurang karena adanya PTM terbatas.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:36
Last Modified: 25 Jul 2022 06:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19741

Actions (login required)

View Item View Item