EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PEMBACAAN SURAH YASIN DALAM TRADISI BAANTARAN JUJURAN DI KELURAHAN SUNGAI ULIN BANJARBARU

Muhammad Hidayatullah, Muhammad Hidayatullah (2022) PEMBACAAN SURAH YASIN DALAM TRADISI BAANTARAN JUJURAN DI KELURAHAN SUNGAI ULIN BANJARBARU. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
SKRIPSI - M.HIDAYAT-PERNYATAAN.pdf

Download (197kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI - M.HIDAYAT-ABSTRAK.pdf

Download (138kB)
[img] Text
SKRIPSI - M.HIDAYAT-BAB 1.pdf

Download (452kB)
[img] Text
SKRIPSI - M.HIDAYAT-BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img] Text
SKRIPSI - M.HIDAYAT-BAB 3.pdf

Download (128kB)
[img] Text
SKRIPSI - M.HIDAYAT-BAB 4.pdf

Download (821kB)
[img] Text
SKRIPSI - M.HIDAYAT-BAB 5.pdf

Download (244kB)
[img] Text
SKRIPSI - M.HIDAYAT-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
SKRIPSI - M.HIDAYAT-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Kajian terhadap Al-Qur‟an tidak ada habisnya dari zaman Nabi Muhammad Saw. sampai zaman covid19 masih menjadi bagian terpenting dalam upaya mempelajari agama Islam. Surah Yasin merupakan salah satu surah Al-Qur‟an yang paling sering dibaca oleh masyarakat, dari sekian banyaknya interaksi kaum muslim terhadap surah Yasin, penulis menemukan adanya penggunaan yang berbeda dari biasanya, yakni pembacaan surah Yasin dalam tradisi baantaran jujuran. Pembacaan surah Yasin dalam tradisi baantaran jujuran hanya dilakukan oleh sebagian masyarakat Banjar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang tata cara proses pembacaan surah Yasin, motif (dorongan) dan tujuan masyarakat tentang pembacaan surah Yasin dalam tradisi baantaran jujuran serta pemahaman mereka terhadap surah Yasin. Adapun bentuk penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan sifat dan jenis metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut: Tata cara prosesnya dimulai dengan pembukaan acara dengan mengucapkan basmalah, pembacaan surah Yasin, dibaca bersama-sama dipimpin oleh pihak keluarga mempelai perempuan atau pemandu acara baantaran jujuran menggunakan pengeras suara serta diikuti oleh tamu undangan, dibaca dari ayat pertama sampai ayat terakhir, selanjutnya kata-kata penyerahan, kata-kata penerima, pemasangan cincin, penyerahan uang mahar serta barang bawaan dan yang terakhir do‟a sekaligus penutup. Adapun pemahaman masyarakat Sungai Ulin sangat beragam. Beberapa dari mereka mengatakan bahwa surah Yasin adalah jantung atau hatinya Al-Qur‟an, surah Yasin memiliki banyak keutamaan, sangat baik diamalkan di kehidupan sehari-hari. Ada juga yang memahami bahwa surah Yasin adalah surah yang wajib dibaca di setiap kegiatan keagamaan. Motifnya beragam pula. Salah satunya karena rasa syukur sudah mendapatkan pasangan dan karena orang-orang terdahulu melakukan kegiatan tersebut. Tujuannya yaitu agar mendapatkan ridha Allah, rahmat Allah, keberkahan, diampuni dosa, dimudahkan, dilancarkan segala urusan, khususnya acara perayaan resepsi perkawinan, mendapatkan keluarga yang sakinah, mawadah dan warahmah serta mendapatkan anak yang saleh.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Jul 2022 05:43
Last Modified: 28 Jul 2022 05:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19752

Actions (login required)

View Item View Item