EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KESETARAAN GENDER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Banjar)

Siti Maulida, Siti Maulida (2022) KESETARAAN GENDER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Banjar). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
TESIS SITI MAULIDA PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text
TESIS AWAL SITI MAULIDA.pdf

Download (915kB)
[img] Text
TESIS SITI MAULIDA ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
TESIS SITI MAULIDA BAB 1.pdf

Download (689kB)
[img] Text
TESIS SITI MAULIDA BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
TESIS SITI MAULIDA BAB III.pdf

Download (229kB)
[img] Text
TESIS SITI MAULIDA BAB IV.pdf

Download (876kB)
[img] Text
TESIS SITI MAULIDA BAB V.pdf

Download (334kB)
[img] Text
TESIS SITI MAULIDA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] Text
TESIS SITI MAULIDA LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Setiap proses pembelajaran, selalu ada tiga komponen penting yang saling terkait satu sama lain dan saling berinteraksi. Tiga komponen penting itu adalah kurikulum, siswa dan guru. Pembelajaran dapat dioptimalkan dengan cara tidak membedakan jenis kelamin, perlakuan yang sama yaitu dengan menekankan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat (APKM) pada proses pembelajaran. Dari sinilah penelitian ini berangkat, yakni berusaha mengkaji kesetaraan gender dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang berlokasi di SMA Negeri 1 Gambut, MA Swasta Raudhatul Yatama dan SMK Negeri 1 Gambut. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumenter. Setelah data dikumpulkan, kemudian dianalisis mengunakan metode deskriptif analisis dan dilakukan pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1). Pengetahuan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) tentang kesetaraan gender adalah guru harus memberikan perlakuan yang sama antara siswa laki-laki dan perempuan dalam pembelajaran. 2). Desain pembelajaran terlihat bahwa isi pada format RPP yang terjabarkan tidak secara eksplisit tertulis mengacu pada indikator kesetaraan gender. Dan ditemukan pada materi pokok dalam RPP yang telah disusun oleh guru PAI pada SMA Negeri 1 Gambut dan MA Swasta Raudhatul Yatama bahwa secara akses, partisipasi dan kontrol belum sepenuhnya menggambarkan adanya pemberian kesempatan yang sama kepada laki-laki maupun perempuan dalam berbagai aspek kehidupan. Proses belajar mengajar di SMA Negeri 1 Gambut dan SMK Negeri 1 Gambut sudah cukup setara gender yaitu menekankan keseimbangan didalam kelas pada porsi yang sama. Termasuk perihal kepemimpinan (ketua kelompok dan moderator dalam diskusi). Untuk MA Swasta Raudhatul Yatama dalam proses pembelajaranya belum sepenuhnya setara gender yaitu tidak terlihatnya suasana belajar megajar yang menekankan keseimbangan didalam kelas. Dengan belum terciptanya keharmonisan dan kemitraan antara siswa laki-laki dan perempuan. Siswa laki-laki dan perempuan belum sepenuhnya terlibat aktif dalam proses belajar mengajar. Evaluasi pembelajaran di SMA Negeri 1 Gambut, MA Swasta Raudhatul Yatama dan SMK Negeri 1 Gambut sudah cukup setara, yaitu telah mengacu pada indikator kesetaraan gender meskipun tidak dinyatakan secara jelas atau implisit.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Jul 2022 05:43
Last Modified: 28 Jul 2022 05:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19780

Actions (login required)

View Item View Item