EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

ANALISIS SHARIA COMPLIANCE DAN SOCIAL IMPACT PADA USAHA BISNIS PENGINAPAN SYARIAH (STUDI KASUS DEWI WULAN DARI HOTEL SYARIAH BANJARMASIN)

ZAMILLAH, ZAMILLAH (2022) ANALISIS SHARIA COMPLIANCE DAN SOCIAL IMPACT PADA USAHA BISNIS PENGINAPAN SYARIAH (STUDI KASUS DEWI WULAN DARI HOTEL SYARIAH BANJARMASIN). Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (261kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (651kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yang berkaitan dengan Sharia Compliance dan Social Impact pada usaha penginapan syariah di Banjarmasin, terkhusus pada bisnis penginapan syariah di DWD Hotel Syariah Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sharia compliance pada usaha bisnis penginapan syariah dan social impact yang ditimbulkan oleh DWD Hotel Syariah Banjarmasin terhadap masyarat disekitarnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif yaitu meneliti secara langsung ketempat penelitian, lokasi penelitian ini bertempat di DWD Hotel Syariah, Jl. Kinibalu No. 20, RT. 57, Teluk Dalam, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan kode pos 70117. Dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah 1 manajer dan 5 masyarakat di sekitar DWD hotel syariah Banjarmasin. Untuk memperoleh data tersebut peneliti melakukan wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini kesimpulannya adalah penerapan sharia compliance pada DWD hotel syariah Banjarmasin telah memenuhi indikator fasilitas hiburan, makanan dan minuman, fasilitas ibadah, pakaian pengelola telah sesuai dengan fatwa DSN MUI No.108/DSN-MUI/X/2016 sedangkan menurut indikator lembaga keuangan syariah DWD hotel syariah belum memenuhi indikator tersebut. Tidak terdapat dokumen resmi berupa sertifikat dari MUI dan tidak adanya Dewan Pengawas Syariah didalam pelaksanaannya. Social impact yang ditimbulkan DWD hotel syariah terhadap masyarakat disekitarnya berdampak positif dalam indikator gaya hidup dan ekspresi mode, dan berdampak negatif dalam indikator perilaku perubahan sosial serta nilai-nilai individu dan kolektif. Sedangkan untuk indikator perubahan sistem sosial, berdampak positif dan sebagian lainnya tidak berdampak apapun terhadap masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Jul 2022 05:07
Last Modified: 28 Jul 2022 05:07
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19856

Actions (login required)

View Item View Item