EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

DAMPAK PERKEBUNAN KARET BAGI KESEJAHTERAAN EKONOMI DI DESA TAMPANG KECAMATAN LAMPIHONG KABUPATEN BALANGAN

Hairina, Hairina (2022) DAMPAK PERKEBUNAN KARET BAGI KESEJAHTERAAN EKONOMI DI DESA TAMPANG KECAMATAN LAMPIHONG KABUPATEN BALANGAN. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (852kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar masyarakat di Desa Tampang memberikan tanggapan positif terhadap adanya perkebunan karet di Desa Tampang. Hal ini karena dengan adanya perkebunan karet telah membuka lapangan pekerjaan baru khususnya bagi masyarakat yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pendapat masyarakat terhadap dampak perkebunan karet bagi kesejahteraan ekonomi di Desa Tampang Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan, 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat peningkatan kesejahteraan ekonomi di Desa Tampang Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan dilihat dari aspek keberadaan perkebunan karet. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis secara kualitatif. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan: pertama, keberadaan perkebunan karet di desa Tampang Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan memberikan dampak yang positif bagi kesejahteraan masyarakat, sebab masyarakat memperoleh tambahan penghasilan dari perkebunan karet tersebut. Khusus bagi masyarakat yang memiliki dan mengelola lahan perkebunan karet miliknya sendiri, maka pendapatan yang diperoleh cukup besar, sehingga mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari bahkan bisa mendanai sekolah anggota keluarganya hingga keperguruan tinggi. Namun berbeda bagi masyarakat yang menggarap kebun karet milik orang lain, maka hadirnya kebun karet belum mampu memberikan dampak besar terhadap kesejahteraan masyarakat bersangkutan, sehingga mengharuskan masyarakat untuk mencari alternatif pekerjaan lain. Kedua, Faktor pendorong dalam kegiatan usaha tani karet dalam mensejahterakan masyarakat desa Tampang Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan adalah : a) Faktor banyaknya luas lahan yang dimilki, b) 2. Faktor harga yang tinggi, c) Faktor cuaca, d) Faktor usia karet, e) Faktor perawatan karet, dan f) Kualitas bibit karet. Sedangkan faktor penghambat kegiatan usaha tani karet dalam mensejahterakan masyarakat desa Tampang Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan adalah : a) luas lahan sedikit, b) Harga rendah, c) Penghasilan rendah, d) Usia karet, e) Pemeliharaan/perawatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:45
Last Modified: 29 Jul 2022 02:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19929

Actions (login required)

View Item View Item