EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENDIDIKAN ISLAM MODERAT DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTAWARINGIN TIMUR SAMUDA

Hakimah, Luthfiyatul (2022) PENDIDIKAN ISLAM MODERAT DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTAWARINGIN TIMUR SAMUDA. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN LUTHFIYATUL HAKIMAH.pdf

Download (305kB)
[img] Text
AWAL LUTHFIYATUL HAKIMAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK LUTHFIYATUL HAKIMAH.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB I LUTHFIYATUL HAKIMAH.pdf

Download (586kB)
[img] Text
BAB II LUTHFIYATUL HAKIMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)
[img] Text
BAB III LUTHFIYATUL HAKIMAH.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB IV LUTHFIYATUL HAKIMAH.pdf

Download (654kB)
[img] Text
BAB V LUTHFIYATUL HAKIMAH.pdf

Download (79kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA LUTHFIYATUL HAKIMAH.pdf

Download (422kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN LUTHFIYATUL HAKIMAH.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Pendidikan Islam moderat yaitu pendidikan yang lebih mengedepankan pada prinsip rahmatan lil ‘alamin yakni yang membawa manfaat bagi semua umat manusia. Di tengah keberagaman dan derasnya perkembangan teknologi di era sekarang ini, Islam moderat menjadi hal yang penting untuk diterapkan melalui kegiatan pembelajaran ataupun melalui keteladanan dan juga pembiasaan. Adapun tujuan yang ingin dicapai di dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan Islam moderat yang dilakukan guru di MTsN 2 Kotawaringin Timur Samuda yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan Islam moderat yang dilakukan guru di MTsN 2 Kotawaringin Timur Samuda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan. Subjek penelitian ini yaitu guru Fikih, Quran Hadits, dua orang guru Akidah Akhlak, dan SKI. Adapun objek penelitian ini yaitu pendidikan Islam moderat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian meliputi: (1) Pelaksanaan pendidikan Islam moderat sudah terlaksana dengan cukup baik, yang meliputi a) perencanaan, di mana guru telah membuat RPP yang secara implisit ataupun eksplisit Islam moderat termuat di dalamnya, b) Pada pelaksanaan, disisipkan di dalam pembelajaran melalui metode juga ke dalam materi ajar ataupun di luar pembelajaran, serta melalui pembiasaan dan keteladanan guru menerapkan nilai Islam moderat seperti tawasuth (tengah�tengah), i’tidal (keadilan), tawazun (seimbang) dan tasamuh (toleransi). c) Pada evaluasi, terdiri dari evaluasi terhadap program kegiatan, evaluasi terhadap proses belajar dan evaluasi terhadap hasil belajar peserta didik. Islam moderat diterapkan seperti pada nilai keadilan yaitu pemberian nilai dilakukan dengan hasil yang telah diperolehnya berdasarkan pada proses, kejujurannya mengerjakan sendiri dan usaha yang telah dilakukannya. Nilai tasamuh atau toleransi, guru tentunya menghargai jawaban peserta didik karena telah mengerjakan dengan jujur, tepat waktu dan disiplin. (2). a) Faktor penghambat Pendidikan Islam moderat di MTsN 2 Kotawaringin Timur Samuda yaitu faktor yang berasal dari guru, faktor yang berasal dari peserta didik, faktor lingkungan dan faktor teknologi. b) Faktor Pendukung Pendidikan Islam Moderat di MTsN 2 Kotawaringin Timur Samuda yaitu dari faktor lingkungan keluarga, faktor guru, serta faktor sarana dan prasarana.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 29 Jul 2022 06:47
Last Modified: 29 Jul 2022 06:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19957

Actions (login required)

View Item View Item