EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

“HAK ISTRI MENOLAK RUJUK SUAMI PADA KHI” “PASAL 164 DAN 165 (PERSPEKTIF MASHLAHAH MURSALAH)

LUTPILLAH, LUTPILLAH (2022) “HAK ISTRI MENOLAK RUJUK SUAMI PADA KHI” “PASAL 164 DAN 165 (PERSPEKTIF MASHLAHAH MURSALAH). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN LUTPILLAH.pdf

Download (112kB)
[img] Text
AWAL LUTPILLAH.pdf

Download (758kB)
[img] Text
ABSTRAK LUTPILLAH.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I LUTPILLAH.pdf

Download (891kB)
[img] Text
BAB II LUTPILLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)
[img] Text
BAB III LUTPILLAH.pdf

Download (840kB)
[img] Text
BAB IV LUTPILLAH.pdf

Download (923kB)
[img] Text
BAB V LUTPILLAH.pdf

Download (521kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA LUTPILLAH.pdf

Download (434kB)
[img] Text
TESIS lutpillah RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (78kB)

ABSTRAK

Dalam kehidupan berkeluarga tidak dapat dipungkiri bahwa sering terdapat banyak permasalahan yang menjadikan sebuah ikatan perkawinan tidak dapat dipertahankan yang pada akhirnya terjadi talaq atau perceraian. Meskipun talaq adalah jalan terakhir untuk menyelesaikan konflik dalam sebuah rumah tangga. Namun, agama masih memberikan peluang untuk memperbaiki kehidupan sebuah rumah tangga, upaya untuk kembali pada rumah tangga setelah perceraian itu diistilahkan dengan rujuk. Para ulama mazhab sepakat hukum rujuk itu diperbolehkan. Dalam melakukan rujuk tidak disyaratkan kesediaan dari istri yang ditalak. Dalam Kompilasi Hukum Islam ada penjelasan yang sangat berbeda dengan fiqih yaitu (Pasal 164) “Seorang wanita dalam masa iddah talak raj’i berhak mengajukan keberatan atas kehendak rujuk dari mantan suaminya di hadapan Pegawai Pencatat Akta Nikah disaksikan dua orang saksi”. Dan (Pasal 165) “Rujuk yang dilakukan tanpa persetujuan mantan isteri dapat dinyatakan tidak sah dengan putusan Pengadilan Agama”. Tesis ini menggunakan penelitian kepustakaan yaitu penelitian yang sumber utamanya dari buku, jurnal, dan bahan dokumenter lainnya. Dalam hal ini penulis menyiapkan sumber-sumber yang diambil dari buku primer dan sekunder yang mendukung untuk menjawab permasalahan dalam konteks masalah terkait hak perempuan menolak rujuk suami dalam Kompilasi Hukum Islam pasal 164 dan 165 perspektif Maslahah Mursalah. Penelitian ini dapat disimpulkan kepada tiga poin. Pertama, Menurut”hukum Islam ulama sepakat bahwa rujuk merupakan hak prerogatif” suami atau hak mutlak milik suami. Kedua, Dalam Kompilasi Hukum Islam (KHI) Istri berhak mengajukan keberatan atas rujuk suami dan menolaknya. Ketiga, Hak istri menolak rujuk suami apabila dikaji perspektif maslahah” mursalah maka tampak kemaslahatan dalam pemberian hak atas istri menolak rujuk suami. Namun, maslahah tersebut tidak dapat diterima karena bertentangan dengan nash dan ijma ulama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 02 Aug 2022 01:06
Last Modified: 02 Aug 2022 01:06
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20006

Actions (login required)

View Item View Item