EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MOTIVASI JAMAAH MAJELIS TAKLIM TUAN GURU H. AHMAD BARMAWI DI DESA KULUR KECAMATAN TAPIN TENGAH KABUPATEN TAPIN

Riyanti, Sabna (2022) MOTIVASI JAMAAH MAJELIS TAKLIM TUAN GURU H. AHMAD BARMAWI DI DESA KULUR KECAMATAN TAPIN TENGAH KABUPATEN TAPIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan SABNA.pdf

Download (289kB)
[img] Text
AWAL SABNA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI SABNA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI SABNA.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI SABNA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI SABNA.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI SABNA.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI SABNA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI SABNA.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Lampiran SKRIPSI SABNA.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Skripsi ini dilatar belakangi karena adanya fenomena yang terdapat di sebuah majelis taklim yang diminati jamaah, antusias dan semangat jamaah terlihat pada saat menghadiri majelis taklim, sehingga dalam setiap bentuk kegiatan yang dilakukan banyak masyarakat yang mengikutinya, baik dari kalangan santri, guru, pedagang, petani, buruh, pemuda/remaja, orang tua, dan lansia. Berdasarkan fenomena tersebut erat hubungannya antara motivasi atau panggilan jiwa seseorang individu yang terpanggil dirinya untuk berhadir dengan antusias serta bersemangat untuk belajar dan memperdalam ilmu agama di majelis taklim tersebut. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui motivasi jamaah majelis taklim tuan guru H. Ahmad Barmawi di Desa Kulur Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin, dan faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuhnya motivasi jamaah majelis taklim tuan guru H. Ahmad Barmawi di Desa Kulur Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Subjek di dalam penelitian ini adalah jamaah remaja, dewasa, dan orang tua, dan lansia baik jamaah laki-laki maupun perempuan, jamaah ini sebagai perwakilan semua orang yang datang majelis taklim penelitian untuk mendapatkan informasi dan data-data tersebut. Objek penelitian ini motivasi jamaah dalam menghadiri Majelis Taklim Guru H. Ahmad Barmawi di Desa Kulur Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik pengoalahan data reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan analisis data. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa motivasi jamaah menghadiri majelis taklim tuan guru H. Ahmad Barmawi di Desa Kulur Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin adalah motivasi jamaah yaitu motivasi karena ingin menambah atau memperdalam ilmu agama, motivasi karena ajakan atau seruan orang lain, motivasi karena ingin mendapatkan ketenangan hati dan jiwa, motivasi karena ingin meningkatkan nilai ibadah, motivasi karena ingin mengambil berkah dan dekat dengan ulama. Faktor yang mempengaruhi motivasi majelis taklim yaitu faktor internal minat, pendidikan dan pekerjaan dan eksternal keluarga, keprofesionalan guru pengajian, masyarakat, kegiatan dan lokasi majelis taklim.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:17
Last Modified: 02 Aug 2022 04:17
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20034

Actions (login required)

View Item View Item