EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

ETNOMATEMATIKA PADA RUMAH ADAT BANJAR DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Hanan, Hanan (2022) ETNOMATEMATIKA PADA RUMAH ADAT BANJAR DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (752kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Kebudayaan merupakan hal yang sangat penting untuk dikaji dan dikenalkan kepada generasi selanjutnya. Namun, seiring perkembangan zaman kajian-kajian mengenai kebudayaan sangat jarang dilakukan. Salah satu upaya pengenalan kebudayaan adalah dengan melibatkan hal tersebut ke dalam pembelajaran wajib, seperti matematika. Etnomatematika merupakan salah satu jenis pendekatan yang dapat dijadikan solusi dalam permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek matematika khususnya geometri yang terdapat dalam 11 rumah adat Banjar (Bubungan Tinggi, Gajah Baliku, Gajah Manyusu, Balai Laki, Balai Bini, Palimasan, Palimbangan, Cacak Burung atau Anjung Surung, Tadah Alas, Joglo, dan Lanting). Selain itu, penulis juga ingin memaparkan mengenai implementasi dari unsur matematika yang didapatkan sebelumnya ke dalam pembelajaran matematika tingkat SMP/MTs dan SMA/MA. Adapun metode/pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada beberapa ahli di bidangnya, observasi ke lapangan, serta dokumentasi. Penulis medapat 10 informan dengan beberapa latar berbeda yang meliputi pihak pamong kebudayaan museum Lambung Mangkurat, pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Selatan, tim dosen arsitektur Universitas Lambung Mangkurat, dan peneliti serta pengamat rumah adat Banjar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Teknik analisis data dengan konsep Miles and Huberman. Hasil penelitian menujukkan terdapat unsur geometri dalam rumah adat Banjar dan unsur-unsur yang diperoleh tersebut dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika. Unsur geometri yang diperoleh dan dapat digunakan dalam pembelajaran tersebut juga beragam, tetapi secara keseluruhan yang paling tampak yaitu unsur bangun datar dan bangun ruang. Hasil penelitian ini dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika, khususnya dalam beberapa materi yang berkaitan dengan geometri pada jenjang SMP/MTs dan SMA/MA.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 02 Aug 2022 06:00
Last Modified: 02 Aug 2022 06:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20036

Actions (login required)

View Item View Item